Honda

Suhu 41 Derajat Celcius di Madinah, Jemaah Haji Palembang Keluhkan Pusing dan Bibir Pecah-pecah

Suhu 41 Derajat Celcius di Madinah, Jemaah Haji Palembang Keluhkan Pusing dan Bibir Pecah-pecah

Suhu cuaca di Kota Madinah mencapai 41 derajat celcius-Saefudin Latief/Kemenag Sumsel-

PALPRES.COM- Suhu Udara di wilayah Madinah saat ini mencapai 41 derajat celcius, dimana para Jemaah haji mulai mengeluhkan beberapa kondisi seperti pusing, bibir pecah-pecah dan kaki yang pecah-pecah. 

Hal itu disampaikan petugas medis PPIH Embarkasi Palembang di Madinah, dr Ramona Fitri, Rabu 22 Mei 2024. 

"Kami dari petugas Haji Indonesia melaporkan dari Masjid Nabawi, Madinah. Dan pada saat ini cuaca di Madinah berkisar sekitar 41 derajat celcius yang mana cuaca kering dan panas menyebabkan para Jemaah mengeluhkan beberapa penyakit, salah satunya yaitu yang paling banyak sakit kepala, bibir pecah-pecah dan kaki yang pecah-pecah. Maka dari itu kami mengimbau kepada seluruh Jemaah haji Indonesia untuk selalu memakai alat pelindung diri,"jelas dr Ramona Fitri.

Dijelaskan dr Ramona Fitri, alat pelindung diri yang bisa digunakan setiap saat adalah memakai payung, topi, masker, semprotan wajah, kemudian alas kaki.

BACA JUGA:Diikuti 265 Orang, Wabup Ogan Ilir Buka Bimbingan Manasik Haji

BACA JUGA:Embarkasi Palembang Berangkatkan Jemaah Haji Kloter 8, Tersisa 1 Kelompok Terbang dari Gelombang Pertama

Dan jangan lupa untuk mendehidrasi tubuh dengan perbanyak minum air sekitar 300 cc per jam serta minum oralit paling tidak satu hari sekali.

Kami selalu mendoakan Jemaah haji Indonesia selalu sehat. khususnya Jemaah haji dari sumatera selatan

"Dan kami dari tim dokter dan petugas haji yang bertugas mendoakan agar seluruh Jemaah haji kita selalu sehat agar dapat mengikuti rangkaian ibadah haji dengan sehat dan sempurna sehingga dapat menjadi haji yang mabrur,"harap dr Ramona Fitri. 

Sementara itu, pada hari ini Jemaah Haji kloter 3 Embarkasi Palembang akan mulai bergerak dari Madinah menuju Mekkah Al Mukarramah. 

BACA JUGA:Kemenag Sidak 2 Katering Jemaah Haji Indonesia, Pastikan Proses Memasak Sesuai Ketentuan

BACA JUGA:Sambut Kedatangan Jemaah Haji Gelombang II, Ini Persiapan Petugas Haji di Makkah

Hal itu disampaikan oleh Ketua Kloter 3 Embarkasi Palembang, H Saefudin Latief. 

"Dapat kami informasikan bahwa ada hari ini Rabu 22 Mei 2023 Kloter 3 Embarkasi Palembang akan bergerak dari Madinah menuju Mekkah.  Diperkirakan akan terjadwal pada pukul 17.00 Waktu setempat,"ungkap Saefudin. 

Adapun kloter 3 embarkasi Palembang berjumlah 447 Jemaah haji sudah siap untuk meninggalkan kota Madinah menuju ke Mekkah.

Mengingat cuaca kering dan panas mencapai 41 derajat, pihaknya telah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para jemaah haji agar dapat menjalankan ibadah dengan baik tanpa mengalami hambatan. 

BACA JUGA:Memasuki Hari ke-10, Sudah 63 Ribu Jemaah Haji Tiba di Madinah

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 8 Tiba di Asrama Haji, Ini Layanan yang Diterima Jemaah

"Beberapa rangkaian sosialisasi dan edukasi sudah kita berikan, baik dari pembimbing ibadah, petugas maupun petugas Kesehatan sudah memberikan imbauan kepada jemaah karena cuaca yang begitu panas banyak jemaah kita yang mengalami hal-hal seperti bibir pecah-pecah, pusing dan kaki yang pecah-pecah,"jelasnya. 

Tim dokter sudah melakukan sosialisasi untuk Jemaah terkait apa saja yang akan dilakukan pada cuaca terik seperti saat ini. 

"Insyaa Allah pergerakan Jemaah haji kloter 3 semuanya bisa berjalan dengan lancar. Beberapa imbauan manasik sudah kita lakukan,mudah-mudahan manasik ini bisa memberikan bekal dan tahapan sehingga Jemaah kita bisa lebih siap lebih mandiri,lebih siap ibadahnya,lebih siap menjaga kesehatannya dan harapan kami semua bisa berjalan lancer ke Mekkah nantinya,"harap Saefudin. 

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 7 Palembang Terbang Menuju Madinah Dini Hari, Kloter 8 Masuk Asrama Haji

BACA JUGA:Masyaa Allah, Tahun Ini Jemaah Haji Bisa Menyaksikan Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kapan Waktunya?

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: