Honda

OJK Ajak Belanja dan Melancong ke Sumsel Bae di Lapangan DPRD Sumsel, Berdayakan UMKM

OJK Ajak Belanja dan Melancong ke Sumsel Bae di Lapangan DPRD Sumsel, Berdayakan UMKM

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar sejumlah kegiatan dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2024--OJK

PALEMBANG, PALPRES.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar sejumlah kegiatan dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tahun 2024.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2024 besinergi dengan kegiatan Sriwijaya Expo dalam rangka perayaan Hari Jadi ke 78 Provinsi Sumsel.

Sinergi tersebut dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemprov Sumsel dalam rangka puncak semarak (Harvesting) “UMKM Naik Kelas, Belanja Lokal Gencar, serta Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Acara Gerakan Nasional BBI dan BBWI di Palembang kali ini merupakan bagian dari komitmen kuat OJK dalam mendukung upaya pemerintah dalam mendorong ekonomi nasional.

BACA JUGA:8 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing yang Menyengat, Terbukti Efektif

BACA JUGA:Duo Srikandi Sumsel Ini Resmi Dapat Surat Penugasan dari Hanura

Khususnya melalui pemberdayaan UMKM,” terang Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa dalam rilis.

DIjelaskannya, dukungan OJK yang berkelanjutan dan terarah, diharapkan mampu mengembangkan UMKM dan pariwisata Indonesia menjadi pilar utama perekonomian nasional.

Dengan mengusung semangat “Belanja dan Melancong ke Sumsel Bae”, Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel ini menargetkan beberapa pencapaian penting.

Diantaranya yakni pendampingan dan pelatihan platform digital bagi UMKM (Onboarding) UKM/IKM/Artisan.

BACA JUGA:Jemaah Haji Indonesia dari Madinah dan Tanah Air Tiba di Makkah, Ini Pelayanan yang Disiapkan untuk Lansia

BACA JUGA:Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali Apresiasi Kinerja Polri, Sukses Amankan KTT WWF

Lalu ada transaksi belanja UMKM pada kegiatan Harvesting minimal Rp50 miliar per daerah.

Kemudian belanja produk dalam negeri oleh Kementerian/Lembaga/Pemda minimal 95 persen dari APBN dan APBD dan target terakhir 13,2 juta perjalanan pariwisata domestik di Provinsi Sumsel

Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 Provinsi Sumsel nantinya akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, seperti, pameran Produk UMKM (BBI) dengan menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai UMKM di Sumsel.

Diantaranya seperti produk kriya dan biji kopi lokal.

BACA JUGA:Pemilik KIS PBI Segera Cek Namamu Pada Laman Cekbansos, Dana PKH Tahap 3 Bisa Didapat Segera

BACA JUGA:72 Mahasiswa Unsri Kunjungi Kilang Pertamina Plaju, Tak Cuma Dalami Praktik Ilmu

Kemudian ada promosi pariwisata Sumsel dengan memperkenalkan berbagai destinasi wisata yang menarik di Sumsel.

“Ada Pertunjukan Seni dan Budaya dengan menampilkan kekayaan seni dan budaya di Sumsel yang mendunia.

Ada juga gerakan pasar murah untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” lanjut Aman.

Dalam rangkaian kegiatan Gernas BBI/BBWI 2024, OJK dan Pemerintah Daerah Provinsi Sumsel telah berkolaborasi menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya:

BACA JUGA:Tak Ada Celah Kecurangan, Tes CAT Akademik Bahasa Inggris Penerimaan Bintara Polri Diawasi Ketat

BACA JUGA:3 BLT Cair Juni Mendatang, Per KK Bisa Dapat Dana Bansos Dobel, Simak Cara Dapatnya Disini!

● Delapan sesi pelatihan UMKM Naik Kelas di 17 Kabupaten/Kota di seluruh Sumsel, melibatkan 1.373 UMKM dengan materi-materi pelatihan antara lain optimalisasi platform digital bagi sarana promosi dan pembayaran digital, pentingnya legalitas bagi UMKM, serta perencanaan dan laporan keuangan.

● Pendampingan intensif bagi seluruh UMKM peserta pelatihan.

● Layanan bagi UMKM peserta pelatihan, seperti penerbitan sertifikat halal, NIB, dan akses pembiayaan usaha.

● Seleksi dan penunjukkan 50 UMKM terbaik dari berbagai kategori.

BACA JUGA:Bersiap Sambut Kunker Presiden Jokowi, Sekda Sumsel Supriono Hadiri Rapat Persiapan Secara Virtual

BACA JUGA:5 Drakor Byeon Woo Seok yang Raih Rating Tinggi Selain Lovely Runner

● Pemberian penghargaan kepada 5 UMKM Champion Provinsi Sumsel yang nantinya akan mewakili Sumsel dalam tingkat nasional.

Pelaksanaan Harvesting Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel rencananya akan dihadiri antara lain Ketua Dewan Komisioner OJK, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan.

OJK mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan memeriahkan Harvesting Gernas BBI-BBWI Provinsi Sumsel. “Pelaksanaan acara ini merupakan kesempatan emas untuk mendukung UMKM dan pariwisata di Sumsel, sembari menikmati berbagai hiburan dan kegiatan menarik,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: