Honda

Inilah 3 Obyek Wisata Alam dan Religi Paling Populer di Kota Lubuklinggau

Inilah 3 Obyek Wisata Alam dan Religi Paling Populer di Kota Lubuklinggau

Inilah 3 Obyek Wisata Alam dan Religi Paling Populer di Kota Lubuklinggau--

PALPRES.COM- Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengandalkan potensi jasa, industri, perdagangan dan pariwisata sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), wajar saja karena daerah ini tidak memiliki sumber daya alam dan perkebunan yang memadai. 

Nah, dari berbagai macam potensi obyek wisata yang ada, obyek wisata Bukit Sulap, Air Terjun Temam dan obyek wisata religi Masjid Agung Assalam menjadi acuan pengembangan sektor pariwisata, seiring waktu berbagai sarana prasarana pendukung di tiga obyek wisata tersebut secara kontinue dibangun.

1. Obyek wisata resligi Masjid Agung Assalam 

Untuk Masjid Agung Assalam, perombakan cukup besar sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk memercantik masjid tersebar diwilayah ini, mulai dari mengabungkan jadi satu Lapangan Merdeka dan Masjid Agung Assalam menjadi satu kompleks, membuat taman kurma, air mancur menari, kantin dhuafa, menara kembar dan areal parkir yang luas.

BACA JUGA:Tampangnya Boleh Jadul, tapi 4 Jenis Motor Ini Paling Diburu Kolektor

Selain itu di area Masjid Agung Assalam juga ditambah sarana tempat wudhu serta toilet yang refresentatif untuk kenyamanan umat muslim melaksanakan ibadah di Masjid Agung, intinya sangat nyaman dan aman bagi umat Islam dan pengunjung yang ingin menikmati keindahan Masjid Aging Assalam. 

"Masjid Agung Assalam cantik sekali sekarang, umat Islam pun nyaman beribadah disana," ujar Muhammad Ikhsan, pengunjung asal Provinsi Bengkulu yang sempat mampir untuk salat ashar di Masjid Agung Assalam.

Jika berkunjung ke Kota Lubuklinggau, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mampir serta menikmati keindahan Masjid Agung Assalam, dan akan lebih syahdu lagi bila ikut menunaikan ibadah salat di masjid tersebut.

2. Obyek Wisata Air Terjun Temam

BACA JUGA:4 Tanaman Hias Penghasil Oksigen pada Malam Hari dan Membuat Tidur Nyeyak

Fasilitas obyek wisata Air Terjun Temam terbilang sudah cukup lengkap, pasalnya pemerintah sudah melengkapinya dengan lampu sorot warna-warni, water boom, memperbaiki jembatan gantung, sarana parkir, warung dan anak tangga menuju dasar air terjun serta disekitaran obyek wisata.

Nah, lokasi satu ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengajak keluarganya menikmati wahana bermain sembari menikmati gemercik aliran air sungai, sebab disini disediakan wahana Water Park, anak tangga menuju dasar air terjun, ‎tempat makan, spot untuk berfoto dan air terjun berwarna warni yang dapat dinikmati pada malam hari.

3. Obyek Wisata Bukit Sulap

Cerita keindahan alam dan obyek wisata buatan di Kota Lubuklinggau seolah tak ada habisnya untuk dibahas, daya tarik kedua jenis obyek wisata ini, ternyata mampu menjadi salah satu faktor penunjang bagi daerah diujung barat Provinsi Sumatera Selatan itu untuk mendulang pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Berkunjung ke Kota Lubuklinggau kurang lengkap jika tidak berkunjung ke destinasi wisata alam Bukit Sulap. Pasalnya, selain dapat menikmati keindahan alam dari kaki bukit melalui fasilitas inklanator (kereta gantung), juga dapat melihat bunga bangkai, yang cukup langka dan sulit ditemui didaerah lain.

BACA JUGA:CEK ATM! Akhir Agustus Ini Ada Lagi Bansos yang Cair, Jangan Sampai Terlewat!

Berdasar buku panduan wisata yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Lubuklinggau, luas wilayah dengan sebutan Bumi Sebiduk Semare tersebut sesuai undang-undang no 7 tahun 2001 seluas 401,50 Km2 atau 40.150 Ha yang meliputi 8 kecamatan dan 72 kelurahan.

Bukit Sulap sendiri terletak hanya sekitar 2 km dari pusat Kota Lubuklinggau dengan ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, pemandangan alam nan indah dan cuaca sejuk menjadi ciri khas utamanya. Bukit Sulap dijadikan simbol Kota Lubuklinggau karena dapat dilihat dari seluruh sisi daerah ini.

Dibutuhan waktu sekitar satu setengah jam untuk mencapai puncak Bukit Sulap dengan berjalan kaki, melewati jalan berbatu dan tanah, tapi sekarang juga para pengunjung dapat menimmati fasilitas iklanator menuju puncak Bukit Sulap, selama perjalan, pengunjung dapat menikmati belbagai jenis tanaman, moyet dan hewan lainnya, Bukit Sulap juga sudah beberapa kali dijadikan ajang Asian Mountain Bike Championship.

Setelah sampai puncak Bukit Sulap, kita dapat menikmati seutuhnya Kota Lubuklinggau. Kita dapat melihat susunan rapi rumah penduduk, kampung warna warni dan juga aliran Sungai Kelingi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: