Honda

Jelang Idul Adha, PTBA Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban, Dikuti 123 Orang Peserta

Jelang Idul Adha, PTBA Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban, Dikuti 123 Orang Peserta

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyelenggarakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di Masjid Jami' Bukit Asam. Peatihan penyembelihan hewan kurban ini berlangsung pada Senin 27 Mei 2024--humas pt bukit asam tbk

MUARA ENIM, PALPRES.COM - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyelenggarakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di Masjid Jami' Bukit Asam.

Pelatihan penyembelihan hewan kurban ini berlangsung pada Senin 27 Mei 2024.

Pelatihan ini diikuti oleh 123 orang peserta, terdiri dari 106 pengurus masjid dan 17 perwakilan pondok pesantren serta panti asuhan di sekitar area operasi PTBA.

Ketua Panitia Hari Raya Idul Adha 1445 H PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Yanuar Effri Madan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program sosial dan keagamaan PTBA untuk mendukung pelaksanaan kurban yang lebih baik di masyarakat.

BACA JUGA:Mendapat Binaan dari Bukit Asam, Usaha Percetakan dan Konveksi Asal Desa Lingga Berhasil Tembus Pasar Nasional

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Lawang Kidul Muara Enim

"Pelatihan ini diadakan dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam tentang fiqih kurban dan teknik pemotongan hewan yang sesuai dengan syariat Islam.

Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas pelaksanaan kurban di sekitar wilayah operasional PTBA," ujar Yanuar. 

Narasumber kompeten yang dihadirkan dalam pelatihan ini, yaitu Ustadz Oki Purwanto dari Kantor Urusan Agama (KUA) yang memberikan materi tentang fiqih kurban, Slamet dari Dinas Peternakan yang menjelaskan tentang kesehatan dan kesejahteraan hewan kurban, serta Ustadz Zarkoni dari perwakilan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Juleha (Juru Sembelih Halal) Sumatera Selatan yang memandu praktik pemotongan hewan kurban.

"Pemahaman yang benar tentang fiqih kurban sangat penting agar ibadah ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tuntunan agama.

BACA JUGA:Peduli Bencana Sumbar, Pt Bukit Asam Tbk Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan, Salurkan Bantuan Lewat Program Ayo Sekolah

Pelatihan ini membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta," kata Ustadz Oki.

Sementara Slamet dari Dinas Peternakan memberikan wawasan mengenai standar kesehatan hewan kurban, mulai dari pemilihan hewan yang sehat hingga teknik pemeriksaan sebelum penyembelihan. 

Kemudian dalam sesi praktik pemotongan hewan kurban, Ustadz Zarkoni mengajarkan teknik merobohkan dan pemotongan hewan kurban yang halal dan higienis. 

"Melalui praktik langsung ini, diharapkan peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat saat pelaksanaan kurban nanti," ucap Ustadz Zarkoni.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Berdayakan Para Ibu Rumah Tangga Lewat Kerajinan Songket Behembang Lingge

BACA JUGA:Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, PT Bukit Asam Tbk Berangkatkan Ratusan Pemudik ke Kampung Halaman

Para peserta yang terdiri dari pengurus masjid, panti asuhan, dan pondok pesantren antusias mengikuti kegiatan ini.

Pelatihan Fiqih dan Pemotongan Hewan Kurban diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: