Honda

JUNI BERKAH! 3 Kategori Masyarakat yang Bisa Dapat BLT BPNT Sembako Tahap Tiga Rp600rb, Segera Cek Namamu

JUNI BERKAH! 3 Kategori Masyarakat yang Bisa Dapat BLT BPNT Sembako Tahap Tiga Rp600rb, Segera Cek Namamu

Foto pencairan bansos BPNT Sembako tahap 2 lewat Pos awal Mei lalu--Pribadi

PALPRES.COM - Memasuki Juni ini, masyarakat kembali akan menerima bansos (bantuan sosial) dari Kemensos. Tetutama bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) yang akan dicairkan untuk tahap 3 melalui PT.POS Indonesia pada bulan Juni ini.

Pada minggu ke 2 bulan Mei ini penyaluran bansos reguler yang disalurkan oleh Kemensos sudah memasuki Tahap 2. Terkhusus untuk penyaluran bansos BPNT Sembako.

Seharusnya berdasarkan juknis yang ada, Bantuan Langsung Tunai atau disingkat BLT ini telah disalurkan pada Maret lalu.

Akan tetapi dikarenakan ada pemutakhiran data oleh Pemda secara keseluruhan penyaluranpun sedikit terlambat. Dimana, untuk tahap 1 disalurkan pada minggu ke 2 Maret, dan Tahap 2 disalurkan setelah lebaran.

BACA JUGA:Hadir Diharga Rp750 Jutaan, Intip Fitur Unik Dari Motor Guzzi V100 Mandelo yang Hadir Dalam Edisi Terbatas

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru Industri Batubara dari PT Bara Indah Sinergi (BI Sinergi) Lulusan S1

Itupun khusus untuk yang penyalurannya melalui Bank Himbara, dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sekaligus ATM.

Untuk penyaluran Tahap 3 melalui PT.Pos, akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Paling cepat Mei, dan paling lambat Juni.

Dimana jumlah bantuan Rp. 600.000,- untuk bulan April, Mei, dan Juni. Dengan jumlah total Rp. 2.400.000,- per tahun, dan Rp. 200.000,- per bulan untuk satu orang KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Seperti diketahui penyaluran bansos BPNT Sembako ini pada tahun 2024 telah berganti mekanismenya.

BACA JUGA:KAMU WAJIB TAHU! 7 Motor Matic yang Pengendaranya Harus Punya SIM C1, Ada Motormu Gak?

BACA JUGA:Deklarasikan 14 Kota Lengkap di 7 Provinsi Secara Serentak, Menteri AHY Targetkan Ini

Pembagian tidak dalam bentuk paket sembako, tetapi uang tunai yang bisa diambil melalui atm atau pos. Hal ini untuk memudahkan penerima bansos yang wilayahnya sulit diakses.

Dimana daerah mudah diambil melalui Bank Himbara (Himpunan Bank Rakyat), dan untuk daerah sulit diambil melalui PT.Pos Indonesia.

Bagi kamu  yang ingin mengetahui apakah masuk kedalam penerima bansos BPNT Sembako ini cukup ketik NIK e-KTP milikmu di website cekbansos.kemensos.go.id.

Apabila belum memiliki akun, segera buat terlebih dahulu. Catatan, jika setelah dicek ternyata namamu atau orang yang dicari belum ditemukan berarti NIK tersebut belum masuk kedalam DTKS. Jadi segera ajukan nama secara offline kepada pemerintah daerah setempat.

BACA JUGA:3 Keunggulan Dari Tablet Kecil Huawei MatePad T8 yang Terjangkau dan Membantu Aktifitas Harian Kamu

BACA JUGA:Emil Audero Tutup Pintu untuk Timnas Indonesia, Berat Lepas Kewarganegaraan Italia

Cara pengajuannya cukup mudah, lengkapi data kependudukan yang online dan padan Dukcapil kepada aparat desa atau kelurahan dimana kamu tinggal. Kemudian bisa juga melalui aplikasi usul-sanggah.

Adapun empat syarat yang harus dipenuhi jika warga atau masyarakat  bisa masuk kedalam penggenapan dari kuota yang telah ada : Pertama, telah masuk kedalam DTKS yang dikelolah oleh Pusdatin.

Dikarenakan DTKS Merupakan acuan data yang dipakai untuk penyaluran bansos. Kedua, memiliki NIK, dan KK yang online dan padan Dukcapil, DTKS, SIK-NG.

Ketiga, masuk kedalam penambahan kuota dari Kemensos. Dikarenakan penambahan melalui proses By System jadi peluang untuk kamu masuk akan secara acak nantinya.

Tidak bisa diprediksi. Keempat, merupakan keluarga miskin atau rentan yang berasal dari desil terbawah data kemiskinan. Dalam hal ini DTKS.

BACA JUGA:Chipset Snapdragon 870 Bikin Poco F5 Disukai Kaum Millenial, Bermain Game Tanpa Ngelag

BACA JUGA:Canggih dan Elegan, AUKEY Hadirkan 4 Aksesori Gadget Premium

Sebagai tambahan informasi, bansos ini juga diberikan dalam upaya pemerintah untuk mengurangi angka stunting yang terjadi saat ini.

Dengan grafik yang cukup tinggi. Sehingga, pemberian bansos BPNT Sembako guna pemenuhan gizi 18,8 juta keluarga kurang mampu dapat mengurangi tingginya angka tersebut.

Disamping itu, masyarakat miskin juga akan sedikit terbantu, terutama untuk mereka yang perekonomianya masih rendah. Apalagi yang pendapatan bulanan tidak menentu. 

Demikianlah informasi singkat ini, semoga bisa bermanfaat dan bansos yang ditunggu-tunggu segera disalurkan. Mengingat untuk beberapa wilayah yang pencairannya menggunakan ATM/KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) sudah dibagikan mulai minggu kemarin.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru Industri Batubara dari PT Bara Indah Sinergi (BI Sinergi) Lulusan S1

BACA JUGA:3 Keunggulan Dari Tablet Kecil Huawei MatePad T8 yang Terjangkau dan Membantu Aktifitas Harian Kamu

Hal ini terkonfirmasi pada postingan diakun fb salah seorang penerima bansos yang menggunakan lembaga bayar Bank Syariah Indonesia (BSI) dan berdomisili di Provinsi Aceh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: