Honda

Menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas, Polda Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

Menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas, Polda Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diikuti pejabat utama, Pamen, Pama, Bintara gabungan satuan fungsi, serta ASN Polri Satker Polda Sumsel. Upacara peringatan tersebut --Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar upacara dalam rangka Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang diikuti pejabat utama, Pamen, Pama, Bintara  gabungan satuan fungsi, serta ASN Polri Satker Polda Sumsel.

Upacara peringatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang, Sabtu 01 Juni 2024.

Karorena Polda Sumsel Kombes Pol Toto Wibowo,SH,MH selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembina Idiologi Pancasila Republik Indonesia.

“Hari ini tanggal 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila.

BACA JUGA:Speknya Gahar, Motor Listrik Sunra Dream Bisa Lari Sejauh 120 KM

BACA JUGA:Bisa Surplus Miliaran, GREAT Edunesia Bagikan Kiat Sukses Pengelolaan Wakaf Produktif

Hari Ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya Pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI),” tutur mantan Koorspripim Polda Sumsel

Lanjut Karorena, Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni tahun 2024 mengambil tema “Pancasila jiwa Pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045”.

Tema tersebut mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

BACA JUGA:24 Catar Akpol Memenuhi Syarat Alias Lulus, 3 Kuota Khusus Mabes Polri

BACA JUGA:Terima Kunci Rumah Baru dari Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Fauzi: Kami Tak Lagi Kehujanan

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah ritual yang maha esa untuk bangsa Indonesia di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada merupakan berkat dan dilanjut dalam cerita nasional Bhinneka tunggal Ika,” tambah Toto

Keberadaan pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum bersejarah ini, Karorena mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai pancasila kedalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

BACA JUGA:Publikasikan Pembangunan di Sumsel, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Gandeng Awak Media

BACA JUGA:Ini Cara Berkurban Saat Idul Adha, Awas Jangan Salah Kaprah!

Upacara ini ditutup dengan ajakan untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila,” tutup Karorena

Dengan upacara ini, Polda Sumsel dan Jajaran berkomitmen untuk terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

Selain pengibaran bendera, rangkaian kegiatan upacara juga ada pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan penghormatan tanda kebesaran juga sebagai rangkaian tata upacara resmi peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: