Honda

PT Bukit Asam Tbk Rehabilitasi DAS di Bukit Menoreh, Wujud Bentuk Dukungan Pariwisata Borobudur

PT Bukit Asam Tbk Rehabilitasi DAS di Bukit Menoreh, Wujud Bentuk Dukungan Pariwisata Borobudur

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan kegiatan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di kawasan bukit Menoreh Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY)--humas pt bukit asam tbk

PALPRES.COM - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melakukan kegiatan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di kawasan bukit Menoreh Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY).

Rehabilitasi ini dilakukan pada lahan seluas 344 hektare (ha) di Kawasan Bukit Menoreh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan rehabilitasi ini telah dimulai sejak 2021 silam.

Rehabilitasi DAS di Kawasan Bukit Menoreh saat ini telah memasuki tahap pemeliharaan tahun ketiga.

BACA JUGA:Mendapat Binaan dari Bukit Asam, Usaha Percetakan dan Konveksi Asal Desa Lingga Berhasil Tembus Pasar Nasional

BACA JUGA:Dibina Bukit Asam, Bisnis Konveksi Asal Desa Lingga Muara Enim Ini Tembus Pasar Nasional

Rehabilitasi dilakukan untuk memulihkan fungsi DAS di Bukit Menoreh sebagai bagian dari sistem penyangga kehidupan.

Kawasan ini merupakan salah satu sumber air bagi masyarakat DIY dan Jawa Tengah.

Pemulihan DAS merupakan upaya menjaga sumber daya air alami untuk masyarakat.

Selain itu, Bukit Menoreh merupakan salah satu pintu gerbang kedatangan wisatawan dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) menuju Candi Borobudur.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Lawang Kidul Muara Enim

BACA JUGA:Peduli Bencana Sumbar, Pt Bukit Asam Tbk Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang

"Tidak hanya memulihkan lahan kritis, Kegiatan Rehabilitasi DAS yang dilakukan PTBA di Kawasan Bukit Menoreh juga mendukung pengembangan Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Candi Borobudur.

Hal ini merupakan wujud komitmen PTBA untuk pembangunan berkelanjutan," kata Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Niko Chandra.

PTBA menanam 137.600 bibit tanaman produktif yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut, di antaranya yakni Durian Musangking, Durian Montong, Alpukat Aligator, Alpukat Kendil, Manggis, Kelengkeng Kateki, Petai Gobang, Jambu Kristal, Mangga Arum Manis, hingga Jambu Air Madu Deli.

Tanaman buah-buahan tersebut diharapkan dapat mengurangi aktivitas penebangan dan panen kayu.

BACA JUGA:Tim Voli Bukit Asam Raih Kampiun Bupati Lahat Cup 2024

BACA JUGA:Jaga Ketahanan Energi, Bukit Asam Optimalkan Produksi Batu Bara

Selama ini tanaman yang ditanam masyarakat mayoritas tanaman kayu, sehingga secara berkala terdapat penebangan pohon untuk mengambil kayunya. 

"Dengan adanya tanaman buah-buahan ini, penebangan pohon bisa berubah menjadi pemanenan buah-buahan, sehingga tidak merusak lingkungan di kemudian hari.

Hasil buah-buahan dapat menambah penghasilan masyarakat lokal, baik dari penjualan langsung buah-buahan saat panen, maupun sebagai katalisator munculnya peluang usaha-usaha baru terkait pasca panen nantinya," Niko menjelaskan.

Dalam semua tahapan kegiatan Rehabilitasi DAS, PTBA senantiasa melibatkan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Baturaja OKU

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tbk Membangun Masa Depan Melalui Pendidikan, Salurkan Bantuan Lewat Program Ayo Sekolah

Sebanyak 64 Kelompok Tani Hutan Masyarakat dari 19 desa telah ikut serta sejak kegiatan awal penanaman sampai pemeliharaan tanaman.

Perusahaan juga memberikan pelatihan produksi bibit unggul, serta berbagai sarana pendukung seperti mesin mesin komposter, pupuk, dan sebagainya.

"Dengan adanya Pelatihan Pembuatan Bibit Unggul Vegetatif dan berbagai macam sarana pendukung yang telah diberikan, kami berharap masyarakat dapat secara mandiri melanjutkan program lingkungan ini di kemudian hari," ujar Niko.

Rehabilitasi DAS yang dilakukan PTBA di Bukit Menoreh ini sesuai dengan SK Rehabilitasi DAS dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

BACA JUGA:Cetak Laba Bersih Rp6,1Triliun, Bukit Asam Bagikan Dividen Rp4,6 Triliun

BACA JUGA: 345 Putra-Putri Daerah Raih Mimpi Berkat Beasiswa dari Bukit Asam

Hal ini merupakan kewajiban PTBA sebagai perusahaan yang memegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). 

Dalam melakukan Rehabilitasi DAS di kawasan Bukit Menoreh, PTBA bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Balai PDAS Serayu Opak Progo, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, Fakultas Kehutanan UGM, Penyuluh Kerja Lapangan, mitra kerja, Kelompok Tani Hutan dan Masyarakat Kawasan Bukit Menoreh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: