Honda

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Muba Sampaikan Pesan Ini

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Muba Sampaikan Pesan Ini

Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi Menyampaikan Pesan Ini Pada Upacara Hari Lahir Pancasila.-Kominfo Muba For Palpres.com-

SEKAYU, PALPRES.COM- Pj Bupati Muba Sandi Fahlepi memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin Juni 2024 di halaman Kantor Bupati Muba.

Upacara tersebut mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara Forkopimda Kabupaten Muba, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba H Apriyadi, Para Asisten dan Para Staf Ahli Bupati, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Muba berserta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muba. 

Dalam Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi  Pancasila (BPIP) yang dibacakan Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menyampaikan, pada hari ini, tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. 

BACA JUGA:Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Muba Sambut Tim Ombudsman RI Perwakilan Sumsel

Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". 

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

BACA JUGA:Hadiri Launching Batik Bejumpe Berkilau, Pj Ketua TP PKK Muba Katakan Ini

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. 

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. 

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika", ungkapnya.

Lanjutnya, dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA:Hadir di Haflah dan Wisuda Tahfizh Ponpes Al Midad, Sekda Muba Dorong Bantuan Khusus untuk Santri Mukim

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. 

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. 

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,"ulasnya.

BACA JUGA:Pastikan Kinerja Berjalan dengan Baik, Pj Bupati Muba Ganti Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM

Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. 

Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

"Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. 

BACA JUGA:Terima Laporan dari Aplikasi ‘Banpol’, Satres Narkoba Polres Muba Berhasil Ciduk Pengedar Narkoba

Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa,"tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama Pj Bupati Muba juga mengucapkan, selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. 

Sesuai dengan arahan dari Presiden RI  Joko Widodo bahwa, Indonesia harus berperan aktif dalam memerangi perubahan iklim global yang tercermin dalam berbagai upaya seperti peningkatan target penggunaan energi terbarukan, peningkatan efisiensi energi, pengurangan deforestasi, serta partisipasi aktif dalam perjanjian internasional tentang perubahan iklim. 

"Peringatan hari lingkungan hidup ini menjadi momen penting untuk terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian agar terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

BACA JUGA:Hadiri Pelatihan KPK-Pemprov Sumsel, Dinkominfo Muba Dukung Penyebaran Informasi melalui Konten Kreatif

Selamat Hari Lahir Pancasila dan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Semoga semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan senantiasa dipermudahkan. 

Semoga peringatan Hari Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju adil makmur dan berwibawa di kancah dunia,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: