Honda

Besok, Jemaah Haji Kloter Terakhir Embarkasi Palembang Berangkat Menuju Tanah Suci

Besok, Jemaah Haji Kloter Terakhir Embarkasi Palembang Berangkat Menuju Tanah Suci

Sebanyak 447 jemaah haji Kloter 18 Embarkasi Palembang telah diberangkatkan menuju Jeddah melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin 3 Juni 2024 sore.--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sebanyak 447 jemaah haji Kloter 18 Embarkasi Palembang telah diberangkatkan menuju Jeddah melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Senin 3 Juni 2024 sore.

Dengan demikian, Embarkasi Palembang tinggal memberangkatkan satu kloter lagi pada fase pemberangkatan jemaah haji tahun 1445 H/2024 M.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Syafitri Irwan menjelaskan, hingga saat ini Embarkasi Palembang telah memberangkatkan 8.061 jemaah haji dengan rincian 6.852 asal Sumsel, 1.109 asal Babel, dan 90 petugas kloter.

Sedangkan jemaah haji yang meninggal berjumlah empat orang, dua meninggal di Madinah dan dua lagi meninggal di embarkasi.

BACA JUGA:Komisi IX DPR RI Apresiasi Embarkasi Palembang, Beri Layanan Optimal ke Jemaah Haji Risti

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 17 Diberangkatkan ke Tanah Suci, Embarkasi Palembang Tersisa 2 Kloter Lagi

“Saat ini seluruh jemaah haji Embarkasi Palembang dari kloter 1 sampai kloter 17 telah berada di Mekkah dan melaksanakan umrah wajib. Hari ini menyusul kloter 18 dan besok kloter 19 yang akan berangkat ke Tanah Suci,” ujar Syafitri. 

Syafitri berharap, para jemaah haji Embarkasi Palembang dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan sebaik mungkin menghadapi masa-masa puncak haji di Arafah Muzdalifah, dan Mina. 

“Kondisi Mekkah saat ini makin padat. Ikuti imbauan dari petugas kloter dan PPIH Arab Saudi dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji. Lebih kurang 12 hari lagi prosesi Arafah Muzdalifah dan Mina akan dimulai. Saya sangat berharap para petugas dan jemaah dapat memenej diri sebaik mungkin sehingga benar-benar dalam kondisi fit pada pelaksanaan puncak haji tersebut,” pesan Syafitri. 

Sementara itu, malam ini Embarkasi Palembang menerima kedatangan kloter 19 asal Muaraenim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

BACA JUGA:Jemaah Haji Dirawat di Madinah Mulai Diberangkatkan ke Makkah Secara Bertahap

BACA JUGA:Buya Yahya Sebut Tanda Umroh dan Haji Mabrur, Awas Bisa Bikin Sombong!

Mereka dijadwalkan terbang dari Palembang menuju Jeddah besok malam, pukul 21.00 WIB.

Pada kloter 19 ini terdapat jemaah tertua atas nama Roi Remanung (95) asal kabupaten Muaraenim.

Ia merupakan jemaah tertua embarkasi Palembang tahun ini.

Roi mendaftar haji tahun 2018 dan berangkat tahun ini melalui kuota percepatan khusus lansia.

BACA JUGA:Siapkan Menu Makanan Khusus, Ketua Kloter Diminta Laporkan Jumlah Jemaah Haji Lansia

BACA JUGA:Hari Ini Jemaah Haji Kloter 16 Berangkat Menuju Tanah Suci, Seluruh Jemaah Gelombang 1 Sudah di Mekkah

Berita terkait lainnya, sebelumnya Komisi IX DPR RI mengunjungi Embarkasi Palembang, Senin 3 Juni 2024.

Meski jumlah jemaah haji yang masuk kategori resiko tinggi (Risti) mencapai 87 persen, layanan embarkasi Palembang dinilai layak mendapatkan apresiasi. 

Ketua Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menilai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait Embarkasi Palembang.

Embarkasi Palembang merupakan salah satu embarkasi di Indonesia yang tingkat lansia dan risti tinggi yaitu mencapai 87 persen.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, 139.421 Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci, 28 Orang Wafat

Tentu saja ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh pemerintah pusat sehingga jemaah lansia dan risti tidak mendapat kesulitan diberangkatkan ke Saudi.

“Meskipun tinggi tingkat jemaah lansia dan risti, beberapa tahun terakhir Embarkasi Palembang mendapat penghargaan dari sisi embarkasi yang paling baik memberikan pelayanan kepada jemaah haji kita,"puji Saleh Daulay.

"Bahkan menurut saya, ini suatu hal yang perlu diapresiasi oleh kita semua sehingga dengan demikian dapat dicontoh oleh embarkasi-embarkasi lain di Indonesia,” sambungnya. 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: