Honda

Pasca Palembang Blackout! Ini Efek Negatif Arus Listrik Tidak Stabil di Rumah dan Cara Mengatasinya

Pasca Palembang Blackout! Ini Efek Negatif Arus Listrik Tidak Stabil di Rumah dan Cara Mengatasinya

Pasca Palembang Blackout warga mengeluhkan arus listrik tidak stabil. Lantas apa saja efek negatif dan cara mengatasinya?--YT/EKNIK LISTRIK

PALPRES.COM - Pemadaman listrik Wilayah Sumbagsel kembali terjadi pada Selasa 4 Juni 2024. Pasca Palembang Blackout kini sudah menyala namun warga mengeluhkan arus listrik tidak stabil. Lantas apa saja efek negatif dan cara mengatasinya?

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar, tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia terutama di wilayah perkotaan yang pada aktivitas.

Listrik bisa diproduksi dan dihasilkan dengan banyak cara, misalnya dengan menggunakan baterai, dinamo, atau pembangkit listrik.

Kegunaan Listrik membuat kita sangat tergantung dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Tips Menjaga Barang Elektronik Agar Tidak Rusak Saat Listrik Hidup Mati

BACA JUGA:WAW! inilah 6 Tips Menghemat Daya Baterai Ponsel dengan Mudah Selama Blackout

Dengan listrik kita terbebas dari kegelapan, lampu akan menyala, mesin-mesin bisa beroperasi dan berbagai macam hal lainnya.

Namun listrik bukan sekedar harus menyala, aliran listrik harus stabil agar bisa maksimal untuk digunakan.

Akan ada efek negatif yang dapat ditimbulkan oleh aliran listrik yang tidak stabil. Apa saja? 

1. Rusaknya Peralatan Elektronik: Aliran listrik yang tidak stabil akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik, seperti komputer, televisi, dan peralatan rumah tangga lainnya, padahal peralatan ini membutuhkan arus listrik yang stabil untuk mendukung kinerjanya.

2. Terjadi Gangguan komunikasi: Arus atau Aliran listrik yang tidak stabil akan mengganggu komunikasi, terutama jika peralatan komunikasi tersebut menggunakan sinyal elektronik.

3. Kecelakaan: Aliran atau arus listrik yang tidak stabil bisa jadi penyebab kecelakaan, terutama jika terjadi kontak dengan peralatan yang mengalami kerusakan atau memicu terjadinya kebakaran.

4. Kerugian Finansial: Aliran listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kerugian finansial, entah itu skala besar atau kecil tentu saja tatap merugikan, terutama jika peralatan yang rusak tersebut harus diperbaiki atau bahkan terpaksa harus diganti.

BACA JUGA:Mitos Atau Fakta Mengisi Baterai Dengan Powerbank Dapat Merusak Baterai HP? Bahaya Banget

BACA JUGA:Wong Palembang Wajib Tau Inilah Tanda Powerbank Kamu Sudah Mau Rusak, Segera Cek Agar Selamat Dari Blackout

Untuk menghindari efek negatif yang ditimbulkan oleh arus atau aliran listrik yang tidak stabil, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti:

1. Gunakan peralatan elektronik dan lainnya sesuai dengan spesifikasi listrik yang tersedia.

2. Gunakan saklar atau sekat arus yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Usahakan untuk menggunakan proteksi terhadap aliran listrik yang tidak stabil, seperti stabilizer atau ups.

4. Jaga kebersihan peralatan listrik anda agar danpat menghindari terjadinya kontak dengan benda-benda sekitar yang tidak sesuai.

BACA JUGA:1 Jam Lebih Lampu Merah Simpang 5 DPRD Sumsel Mati, Lalulintas Macet Total, Imbas PLN Blackout di Palembang

BACA JUGA:HP Murah 2 Jutaan Layarnya 6,8 Inci Enak Buat Nonton, Baterai Tahan Lama Ampuh Mengobati Selama Blackout

Salah satu cara untuk mengatasi mati lampu jika terjadi pemadaman listrik atau arus listrik tidak stabil, maka sebaiknya disarankan menggunakan genset rumah.

Genset rumah tangga merupakan mesin pembangkit listrik yang digunakan di rumah tangga sebagai sumber listrik sementara dan cadangan ketika terjadi kegagalan arus daya listrik dari PLN.

Biasanya genset rumah tangga ini berukuran kecil dan hanya bisa digunakan untuk kebutuhan listrik skala rumah tangga saja, seperti menyalakan lampu, penggunaan alat elektronik, dan lainnya.

Genset rumah tangga ini menggunakan bahan bakar solar, untuk dapat dioperasikan dan menghasilkan tenaga listrik. dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunaannya, seperti starter otomatis, panel kontrol, dan lainnya.

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Power Bank Incaran Semua Orang dengan Kapasitas Besar dan Awet!

BACA JUGA:Breaking News... Mantan Kapolsek Lubuklinggau Utara Meninggal Kecelakaan

Namun untuk menghindari terjadinya keracunan asap pembakaran genset, sebaiknya operasikan genset di luar rumah jangan dinyalakan didalam rumah.

Keuntungan memiliki Genset dapat membantu kita menjaga kelancaran kegiatan rumah tangga, namu selain itu diantaranya adalah:

1. Sumber listrik cadangan ketika terjadi kegagalan daya listrik dari PLN. Ini akan terasa sangat penting ketika terjadi kegagalan daya listrik dalam jangka waktu yang lama atau ketika terjadi bencana alam.

2. Solusi mengatasi masalah listrik di daerah yang tidak terjangkau jaringan listrik PLN.

3. Genset dapat membantu menjaga kontinuitas kegiatan dengan mencegah kehilangan data pada peralatan elektronik, seperti komputer.

4. Memiliki genset bisa membantu menjaga kelancaran usaha, apalagi jika kegiatan usaha tersebut sangat bergantung pada listrik, seperti percetakan daln lain-lain.

5. Genset akan sangat membantu mempercepat proses penyelamatan ketika daya listrik gagal, seperti terjadi kebakaran atau kecelakaan lainnya.

BACA JUGA:Kloter Terakhir, Seluruh Jemaah Haji Embarkasi Palembang Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci

BACA JUGA:Imbas Gangguan Jaringan Transmisi PLN, PDAM Tirta Musi Palembang Tidak Dapat Beroperasi

Penggunaan genset di rumah cukup penting dan sangat membantu menjaga lancarnya kegiatan rumah tangga dan menghindari terjadinya kerugian yang disebabkan oleh kegagalan arus daya listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: