Honda

Puluhan Mahasiswa Fakultas Hukum dari 12 Polda di Wilayah Barat Ikuti Lomba Debat Hukum HUT Bhayangkara Polri

Puluhan Mahasiswa Fakultas Hukum dari 12 Polda di Wilayah Barat Ikuti Lomba Debat Hukum HUT Bhayangkara Polri

permasalahan penegakkan hukum oleh polri’--Humas Polda Sumsel

PALEMBANG, PALPRES.COMPuluhan mahasiswa dari berbagai fakultas hukum yang ada di wilayah barat Polda Sumsel mengikuti lomba debat hukum.

Lomba ini diadakan Kepolisian Republik Indonesia (Pori) pada Kamis 6 Juni 2024 di hotel The Alts Palembang.

Lomba debat hukum ini merupakan rangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Polri ke- 78 tahun. 

Mahasiswa mahasiswi peserta lomba debat hukum wilayah Zona Barat meliputi 12 Polda yakni Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumsel, Lampung, Banten, Metro Jaya. 

BACA JUGA:1.325 Peserta Lulus Menuju Rikkes Tahap II Penerimaan Bintara dan Tamtama Polri TA 2024

BACA JUGA:Peran Penting Medsos untuk Pelayanan Masyarakat, Korsahli Kapolri Irjen Eddy Sumitro: Pisau Bermata Dua

Karobankum Divkum Polri Brigjen Pol. Veris Septiansyah SH SIK Msi MH mengatakan lomba debat hukum tingkat rayon barat yang sangat dinantikan.

Dalam kesempatan tersebut Veris menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta lomba dirinya berharap seluruh peserta lomba bisa mengikuti lomba ini dengan sebaik-baiknya. 

"Tema lomba debat hukum kali ini adalah ‘permasalahan penegakkan hukum oleh polri’ dengan mengangkat isu restorative justice system dan penyebaran berita hoax yang menyebabkan kegaduhan," kata Veris. 

Dikatakan Veris, seleksi debat hukum sudah dilaksanakan oleh masing-masing Polda beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:Palembang Sempat Blackout, Kapolda Sumsel Koordinasi dengan GM PLN UID Sumsel Terkait Pemadaman

BACA JUGA:Kapolri Dapat Gelar Adat Karaeng dan Pusaka Supakala dari Dewan Adat dan Kerajaan di Sulawesi Selatan

Walaupun pelaksanaannya sangat singkat namun dapat dilaksanakan dengan baik. 

"Saya sangat mengapresiasi kinerja para Kabidkum Polda yang ada di rayon barat yang sudah mengupayakan kegiatan ini dengan maksimal, sehingga dari tiap-tiap polda dapat menghasilkan tim andalannya yang akan melaksanakan debat hukum hari ini di Polda Sumatera Selatan," ungkapnya. 

Menurut Veris alasan kenapa divisi hukum melibatkan peserta debat hukum dari kalangan Mahasiswa S1 hukum karena divisi hukum melihat bahwa para mahasiswa di Indonesia dipandang sudah memiliki rasa kritis terhadap permasalahan yang terjadi disekitarnya.

permasalahan yang muncul di masyarakat baik itu yang muncul di berita-berita online, media sosial, dan lain-lain kerap dikritisi oleh kalangan akademisi khususnya para mahasiswa. 

BACA JUGA:Polda Sumsel Gelar Olahraga Bersama Guna Menjaga Kesehatan Jasmani Personel

BACA JUGA:Rektor Kader Bangsa Sambangi Polda Sumsel, Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan

"Mahasiswa mempunyai tiga peranan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yakni sebagai agent of change, iron stock, dan social control.

Sebagai agent of change mahasiswa dipersiapkan untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik namun dengan tidak melupakan nilai-nilai luhur bangsa dan jiwa pancasila sebagai dasar fundamental," jelasnya. 

"Tujuan utama dari debat hukum ini adalah untuk menggali potensi serta memperkaya wawasan para peserta dalam bidang hukum.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, berargumen secara logis, serta meningkatkan kesadaran hukum di kalangan generasi muda.

BACA JUGA:Polda Sumsel Gelar Rapat Persiapan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah

BACA JUGA:29 Personil Polda Sumsel Terima Penghargaan, Kapolda: Prestasi Ini Jadi Motivasi Bagi Personel Lain

melalui debat ini, kita berharap dapat melahirkan pemikir-pemikir hukum yang handal dan berintegritas tinggi, yang nantinya akan berkontribusi bagi penegakan hukum di negeri kita tercinta,"bebernya. 

Dalam kesempatan tersebut, Veris tidak lupa menyampaikan ucapan an terima kasih kepada Kapolda Sumsel yaang telah memfasilitasi kegiatan ini di zona barat.

Dukungan dan peran aktif beliau sangat berarti bagi kesuksesan acara ini. 

"Tidak lupa, saya juga ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada dewan juri dan moderator yang telah bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA:Menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas, Polda Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

BACA JUGA:24 Catar Akpol Memenuhi Syarat Alias Lulus, 3 Kuota Khusus Mabes Polri

Kehadiran dan kontribusi bapak/ibu sangat berharga bagi kelancaran serta objektivitas penilaian dalam debat ini,"ucapnya. 

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo,SIK menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang hadir dalam acara lomba debat hukum termasuk kepada seluruh juri yang terlibat dalam menseleksi peserta lomba debat hukum. 

"Yang saya cintai dan saya banggakan adik adik Mahasiswa peserta lomba debat hukum dari 12 Provinsi zona barat beserta para dosen juga para Kabidkum yang saya hormati atau yang mewakili dari 12 Polda, sebagai manusia yang beriman tidak henti hentinya kita mengucap syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari yang berbahagia kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk pembukaan lomba debat hukum zona Barat dan namakan hari Bhayangkara tadi saya mendapat informasi dari pak Kabidkum," kata mantan Kapolda Jambi 

"Lomba debat hukum ini saya mengharapkan kiranya nanti akan membantu negara dalam mencapai tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai praktisi yang telah bertugas di dunia Kepolisian lebih dari 30 tahun dan hampir seluruhnya saya tuangkan di bidang reserse yang berkaitan erat dengan penegakan hukum saya menemukan dan sering sekali berhadapan dengan masyarakat yang kurang paham masalah hukum dengan adanya lomba ini kita akan mendiseminasi ilmu hukum kesadaran hukum kepada masyarakat," pungkas Alumni Akpol 93. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: