Honda

Inovasi Pembangunan Flyover Sekip Ujung yang Beda dari Jalan Layang Lain di Palembang

Inovasi Pembangunan Flyover Sekip Ujung yang Beda dari Jalan Layang Lain di Palembang

Inovasi Pembangunan Flyover Sekip Ujung yang Beda dari Jalan Layang Lain di Palembang-Alhadi Farid/palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kabar gembira untuk warga PALEMBANG, Flyover Sekip Ujung mulai hari ini sudah bisa dilalui kendaraan. 

Flyover Sekip Ujung menjadi jalan layang ke 5 yang ada di Kota Palembang setelah lebih dahulu dibangun FO Simpang Polda, FO Simpang Jakabaring, FO Simpang Tanjung Api-api, FO Simpang Kramasan. 

Sudah tahu belum, jika pembangunan Flyover Sekip Ujung ini menggunakan metode kontruksi terbaru yang tidak digunakan di pembangunan jalan layang lain di Palembang. 

Pada Flyover Sekip Ujung ini pengecorannya menggunakan inovasi Mortar Foam. 

BACA JUGA:Serap Anggaran 234 Miliar, Flyover Sekip Ujung Dibuka Hari Ini, Warga Palembang 'Nyicip' Jembatan Layang Anyar

BACA JUGA:Fly Over Simpang Mayang, Proyek Jalan Layang Rp199 Miliar di Jambi, Sampai Dimana Progresnya?

Apa itu Mortar Foam dan bagaimana prosesnya ?

Mortar Foam adalah campuran mortar dan foam.

Mortar berupa campuran air, pasir dan semen kemudian di mixing dengan foam. 

"Untuk alur proses pekerjaan yang pertama dilakukan adalah kita melakukan mixing semen, pasir dan air di baching plant kemudian kita tuangkan ke truk mixer kemudian kita supply ke proyek. Sesampainya di proyek, kita campurkan menggunakan foam,"terang Manager Batching Plant Cluster Sumatera Selatan 1, Arif Budiono dikutip dari kanal Waskita Beton Precast Tbk. 

"Foam kita isi ke dalam truk mixer kemudian setelah di dapat pengembangan baru kita ukur density dan slam flow nya. Jika density dan slam flownya didapatkan sesuai dengan spesifikasi baru kita akan melaksanakan penghamparan di lokasi proyek,"sambung Arif Budiono.

BACA JUGA:Fly Over Simpang Mayang Jambi Digadang-gadang Telan Rp 198,5 Miliar, Kapan Dibangun?

BACA JUGA:Puluhan Tutup Penyerapan Air Jembatan Fly Over Sejaro Sakti-KPT Tanjung Senai Hilang

Kenapa harus menggunakan mortar foam?

Engineering Senior Expert PT Waskita Beton Precast Tbk, Yudi Yudistira mengungkapkan,keuntungan menggunakan mortar foam adalah: 

pertama, cocok digunakan sebagai timbunan pondasi jalan dan jembatan di atas tanah lunak. 

Kedua, meminimumkan masalah penimbunan tanah lunak, 

Ketiga, tidak dibutuhkan pemadatan

keempat, penghematan biaya konstruksi.

Kelima, lebih stabil karena karakteristik mortar foam sama dengan beton.

Keenam, kualitas produk dapat lebih terjamin sesuai dengan spesifikasi yang disarankan.

BACA JUGA:Fly Over Patih Galung Prabumulih Resmi Dibuka Untuk Umum, Habiskan Dana Hingga Rp86 Miliar

BACA JUGA:Hore Fly Over Patih Galung Akhir November Bisa Dilintasi Untuk Kendaraan Umum

Sales Area 2  Manager PT Waskita Beton Precast Tbk, Varian Wishnu Brata menambahkan, dengan adanya produk mortar foam di proyek flyaover sekip ujung Palembang ini menunjukkan bahwa inovasi-inovasi yang dilakukan oleh PT Waskita Beton Precast Tbk dapat diuji dan dapat dipalikasikan langsung di proyek.

"Harapannya, produk-produk mortar busa ini dapat kita aplikasikan di proyek-proyek yang mendatang,"jelas Varian. 

Proyek flyover Sekip Ujung yang menggunakan mortar foam sebagai penjaga stabilitas jalan 

Sementara itu, PPK 3.6 Jembatan Khusus Provinsi Sumatera Selatan Kementerian PUPR, Camelia Nazir ST MT  menambahkan, Pembangunan flyover simpang sekip sudah dimulai sejak tahun 2022 lalu. 

BACA JUGA:Kalahkan Jalur Pantura, Jalan Tol Demak - Tuban Bisa Dilalui dengan Kecepatan 100 KM/Jam

"Kami dari Kementerian PUPR berupaya untuk meningkatkan ketersediaan akses jalan yang dapat mendukung aktivitas masyarakat di Kota Palembang. Harapannya dengan pemakaian mortar foam pekerjaan menjadi lebih cepat dan kebersihan lingkungan tetap terjaga. Adanya fly over ini lalu lintas yang semakin lancar mempermudah pergerakan masyarakat dan logistic serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,"papar Camelia. 

Project Manager Fly Over Sekip Ujung Palembang PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Teguh Sri Widodo menerangkan Proyek flyover sekip ujung Palembang ini saat ini adalah proyek non tol yang digarap oleh pihaknya sejak tahun 2022.

Adapun untuk proyek jembatan FO Sekip ujung ini, total panjangnya 660 meter dimulai dari depan BLPT Basuki Rahmat hingga depan SPBU R Soekamto. Panjang jembatannya sendiri ada 180 meter. 

Lokasi pekerjaan mortar foamnya adalah di sisi Basuki Rahmat ada 97 meter dan sisi R Soekamto 125 meter. 

BACA JUGA:Ada Terowongan Kembar di Jalan Tol Jabar, Terpanjang dan Pertama di Indonesia, Lengkap Sarana Keselamatan

"Pemilihan mortar foam untuk FO Sekip ujung ini karena melihat keberhasilan proyek FO Antapani di Bandung yang dinilai berhasil. Oleh karena itu diputuskan oleh Kementerian PUPR untuk proyek flyover selanjutnya di Bawah Kementerian PUPR menggunakan mortar foam ini,"terangnya.  

Dengan selesainya proyek FO Sekip ujung ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang ada di ruas jalan Basuki rahmat dan R Soekamto.

"Karena disini adalah Kawasan bisnis, perkantoran, ruko, hotel dan sekolah juga, diharapkan kemacetan bisa terurai dan lebih memudahkan akses asyarakat ntuk aktivitas sehari-hari,"harap Teguh. 

Dengan mortar foam selain penghematan biaya konstruksi juga kualitas produk lebih terjamin. 

Dijadwalkan, Flyover Sekip Ujung akan diresmikan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: