Honda

Sambut Hari Donor Darah Internasional, Kawan Lama Group Ajak Masyarakat Palembang Donor Darah

Sambut Hari Donor Darah Internasional, Kawan Lama Group Ajak Masyarakat Palembang Donor Darah

Afirandi salah satu konsumen ACE Hardware PTC Mall ikut mendonorkan darahnya dalam rangka memperingati hari donor darah internasional yang digelar Kawan Lama Group, Ahad 9 Juni 2024-bethanica-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kawan Lama Group, identitas dari kelompok unit bisnis multisektor, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kembali melaksanakan aksi donor darah nasional. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di lebih dari 130 lokasi dan 72 kota/kabupaten se Indonesia.

Di Palembang, pelaksanaan donor darah berlangsung di ACE Hardware PTC Mall Palembang, Ahad 9 Juni 2024 bekerjasama dengan PMI Kota Palembang.

Dimulai sejak pukul 13.00 WIB, puluhan pengunjung mulai melakukan pendaftaran untuk mendonorkan darahnya, tidak terkecuali para karyawan dan member setia ACE Hardware PTC Mall. 

BACA JUGA:Rayakan HUT Ke-54 Tahun, Astra Motor Gerakkan Aksi Donor Darah Serentak Seluruh Indonesia

BACA JUGA:Pekerja Kilang Pertamina Plaju Berhasil Kumpulkan 300 Kantong Donor Darah

Ditargetkan dalam pelaksanaan donor darah ini dapat mengumpulkan lebih dari 30 kantong darah.  

Selain untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2024, aksi ini juga menjadi wujud kepedulian Kawan Lama Group terhadap upaya pemenuhan kebutuhan darah nasional.

Salah satu pendonor, Afriandi Ramadan mengaku baru mengetahui adanya kegiatan donor darah saat dirinya lewat di depan gerai ACE Hardware. 

“Kebetulan saya lagi mau belanja, dan melihat ternyata ada kegiatan donor darah, jadi saya langsung daftar,”ungkap Afriandi saat menunggu antrian mendonor. 

BACA JUGA:Karyawan Astra Motor Sumsel bersama Masyarakat Sekitar Lakukan Donor Darah

BACA JUGA:Hari Palang Merah Internasional, 5 Golongan Orang Ini Dilarang Donor Darah, Siapa Saja?

Diakui Afriandi, kegiatan donor darah ini rutin dilakukannya sejak masih duduk dibangku SMA. 

Terhitung sudah lebih dari 25 kali Afriandi melakukan donor darah. 

“Kalau ada waktu saya selalu sempatkan untuk mendonor, bahkan saat ini saya sudah tergabung di komunitas pendonor darah. Mudah-mudahan dari donor darah ini bisa membantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah,”harap Afriandi.  

Store Manager Ace Hardware PTC Mall, Febriansyah mengatakan, ACE Hardware PTC Mall juga memberikan penawaran spesial bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya pada kegiatan ini. 

BACA JUGA:Peringatan HBP ke-60, Lapas Sekayu Gandeng PMI Gelar Donor Darah, Segini Hasilnya

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Donor Darah Saat Puasa, Apakah Bisa Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

“Kami memberikan diskon 10 persen bagi konsumen yang berbelanja di ACE Hardware dengan menunjukkan bukti sudah mendonorkan darahnya di kegiatan hari ini,”ungkap Febriansyah.

Sementara itu, Vice President of Corporate Affairs, Communications and Sustainability Kawan Lama Group, Melinda Pudjo mengatakan, sejak tahun 2015, setiap tahun Kawan Lama Group rutin mengadakan kegiatan donor darah secara nasional, dan hingga akhir tahun lalu telah terkumpul lebih dari 25.000 kantong darah. 

“Tahun ini kami menargetkan kegiatan donor darah di 72 kota dan kabupaten, lebih dari dua kali lipat dari jumlah kota dan kabupaten yang berhasil direalisasikan tahun lalu. Harapannya, dengan bertambahnya jumlah kota ini, semakin banyak kantong darah yang terkumpul, dan akhirnya semakin banyak penerima donor yang bisa merasakan manfaatnya,”ungkap Melinda. 

Kegiatan Donor Darah Nasional ini dilaksanakan mulai dari Area Sumatera di Kota Banda Aceh, Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Dumai, Jambi, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Metro, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Prabumulih.

BACA JUGA:Apakah Bekam dan Donor Darah Membatalkan Puasa? Ini Dia Penjelasannya

Kemudian di Area Jawa-Bali di Kota Bandung, Banyuwangi, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Bogor, Kabupaten Bogor, Cilacap, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Depok, Garut, Gianyar, Gresik, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jember, Karawang, Kebumen, Kediri, Kudus, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Purwakarta, Purwokerto, Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Solo, Kabupaten Sumedang, Sukabumi, Surabaya, Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Tasikmalaya, Tegal, dan Yogyakarta.

Selanjutnya di Pulau Kalimantan di Kota Balikpapan, Banjarbaru, Banjarmasin, Bontang, Pontianak, Samarinda, Singkawang, dan Tarakan. 

Kemudian di Pulau Sulawesi di Kota Gorontalo, Kendari, Makassar, dan Manado. Selain itu Kawan Lama Group juga menyasar Wilayah Indonesia Timur, di Kota Ambon, Kupang, Kabupaten Lombok Barat, dan Mataram.

Menanggapi kegiatan ini, dr. Linda Lukitasari Waseso, Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, menyampaikan, dengan penduduk yang mencapai lebih dari 280 juta jiwa, Indonesia membutuhkan setidaknya 5,6 juta kantong darah setiap tahunnya. 

BACA JUGA:Gelar Aksi Donor Darah, Basarnas Palembang Kumpulkan Darah Sebanyak Ini

“Untuk memenuhi kebutuhan ini PMI tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Kawan Lama Group. Karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif donor darah nasional yang telah dilakukan Kawan Lama Group sejak tahun 2015 lalu. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang,”pungkasnya. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: