Honda

6 Bandara Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia dari Tanah Suci, Berikut Bandara dan Jadwalnya

6 Bandara Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia dari Tanah Suci, Berikut Bandara dan Jadwalnya

Sebanyak 6 Bandara debarkasi haji yang dikelola PT Angkasa Pura II mulai melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci. Bandara-bandara itu adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Banda-Alhadi Farid-Palpres.com

PALPRES.COM - Sebanyak 6 Bandara debarkasi haji yang dikelola PT Angkasa Pura II mulai melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci

Bandara-bandara itu adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh). 

Pgs SPV of Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengatakan jumlah total penerbangan kedatangan jemaah haji di 6 bandara tersebut dijadwalkan 231 penerbangan.

“Kami memohon dukungan seluruh masyarakat agar dapat menyambut kedatangan jemaah haji dengan baik,” ujar Cin Asmoro dalam rilis yang diterima Palpres pada Senin 24 Juni 2024.

BACA JUGA:Prediksi dan Preview Laga Kroasia vs Italia Euro 2024 Fase Grup

BACA JUGA:SABAR! Pengumuman Hasil Tes PPG Prajabatan 2024 Ditunda, Ini Jadwal Terbarunya

“Seluruh stakeholder bandara telah berkoordinasi untuk memastikan kelancaran kedatangan jemaah haji pada tahun ini.

Kami juga berterima kasih kepada Kementerian Agama, Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan atas dukungan dalam melayani angkutan haji 2024,” lanjut Cin Asmoro. 

Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia mulai melayani kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci sejak 22 Juni 2024 hingga 22 Juli 2024. 

Total penerbangan kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 128 penerbangan.

BACA JUGA:Resmi Dilantik, Elen Setiadi Menjabat Sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan Gantikan Agus Fatoni

BACA JUGA:Pertamina Gas Dukung Integrasi Pipa Transmisi Gas Bumi Sumatera-Jawa, Berikan Manfaat Beragam Sektor

Cin Asmoro menuturkan seluruh petugas bandara, baik dari AP II maupun instansi lain seperti Bea Cukai, Imigrasi, Balai Besar Kekarantinaan dan Kesehatan, serta ground handling dan maskapai, dipastikan siap menyambut kedatangan jemaah haji di Bandara Soekarno-Hatta.

Terkait dengan alur kedatangan jemaah haji, Cin Asmoro memaparkan setelah jemaah haji tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan memproses kedatangan di Terminal 2F, jemaah haji kemudian akan langsung menuju asrama haji dengan bus. 

Sementara itu, bagi jemaah haji asal Lampung, setelah memproses kedatangan di Terminal 2F kemudian menuju Terminal 3 untuk menunggu proses boarding ke pesawat guna menuju Lampung. 

Adapun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) menyambut kepulangan jemaah haji pada 23 Juni - 15 Juli 2024. 

BACA JUGA:7 Tips Cari Aman Berkendera Sepeda Motor Sambil Boncengan dari Astra Motor Sumsel

BACA JUGA:10 Negara dengan Nilai Mata Uang Terlemah di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Total, penerbangan kedatangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebanyak 19 penerbangan. 

Kemudian di Bandara Minangkabau (Padang), kepulangan jemaah haji dijadwalkan pada 24 Juni - 13 Juli 2024 dengan sebanyak 17 penerbangan. 

Sementara itu, Bandara Kualanamu (Deli Serdang) melayani kepulangan jemaah haji pada 24 Juni - 21 Juli 2024.

Jumlah penerbangan pada periode ini dijadwalkan 25 penerbangan. 

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Aplikasi Fita di IndiHome TV, Dukung Pelanggan Jalani Gaya Hidup Sehat dari Rumah

BACA JUGA:WOW! Hari Bhayangkara ke 78 Polda Sumsel Diramaikan Kontes Mobil Klasik

Di Bandara Kertajati (Majalengka), kepulangan jemaah haji pada 23 Juni - 22 Juli 2024 melalui jumlah penerbangan sebanyak 30 penerbangan. 

Lalu, Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji pada 10-22 Juli 2024 dengan jumlah penerbangan sebanyak 12 penerbangan. 

Cin Asmoro mengatakan keenam bandara tersebut telah mempersiapkan seluruh yang dibutuhkan dalam melayani dan menyambut kepulangan jemaah haji. 

“Rencana operasi telah disiapkan termasuk alur kedatangan jemah haji, operasional pesawat saat di bandara, hingga pengantaran bagasi ke asrama haji, yang tentunya memenuhi aspek keamanan, keselamatan pelayanan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi,” ujar Cin Asmoro,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: