Honda

Inilah Langkah Strategis Pertamina Hulu Indonesia Dukung Produksi Migas Nasional

Inilah Langkah Strategis Pertamina Hulu Indonesia Dukung Produksi Migas Nasional

Direktur Utara PT Pertamina Hulu Energi (PHI) Sunaryanto Memaparkan Langkah Strategis Mendukung Produksi Migas Nasional.-Istimewa-

JAKARTA, PALPRES.COM- Dalam mendukung produksi Minyak dan Gas (Migas) nasional.

PT Pertamina Hulu Indonesia menjalankan sejumlah langkah strategis perusahaan.

Hal itu disampiakan langsung Direktur Utara PT Pertamina Hulu Energi (PHI) Sunaryanto disela-sela usai kegiatan talkshow Bincang Asik Soal Migas Ala PHI, di Jakarta belum lama ini.

Sunaryanto menerangkan bahwa ada 4 langkah prioritas bakal dilakukan Pertamina Hulu Indonesia, seperti.

BACA JUGA:Inovasi Diterapkan Pertamina Hulu Indonesia Raih Penghargaan Internasional INTARG 2024 di Polandia

1. Melanjutkan program eksplorasi dan eksploitasi melalui sinergi anak perusahaan Pertamina Hulu Indonesia.

2. Mengoptimalisme baseline dan pengembangan step-out area.

3. Menjaga keandalan fasilitas produksi.

4. Mengoptimasi biaya.

BACA JUGA:Fantastis, Grup Pertamina Hulu Indonesia Borong 11 Penghargaan Subroto 2023, Ini Nama Kategori Penghargaannya

Diakui Sunaryanto, bahwa berbagai tantangan dalam pengelolaan kegiatan hulu migas perusahaan di wilayah operasi di Kalimantan, yakni kondisi lapangan migas yang mature dan fasilitas yang aging dimana rata-rata telah beroperasi lebih dari 50 tahun, serta keekonomian aset.

“Di PHI, kami terus melakukan berbagai inovasi dan aplikasi teknologi untuk mempertahankan keberlanjutan produksi dan mengelola tantangan bisnis dan operasional.

Agar Perusahaan dapat memberikan nilai yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah dan masyarakat,” imbuh Anto, sapaan akrab Sunaryanto.

Menurutnya, hingga Triwulan I 2024, PHI-Regional 3 Kalimantan berhasil memproduksikan 611,2 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan 61,5 ribu barel minyak per hari (MBOPD). 

BACA JUGA:Mantap, Dukung Rehabilitasi Orang Utan di Kalimantan, Pertamina Hulu Indonesia Lakukan Ini

“Kami terus berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan produksi migas perusahaan yang penting dalam mendukung ketahahan energi nasional,” pungkas Anto.

Bincang Asik Soal Migas Ala PHI adalah kegiatan temu media yang digelar rutin oleh Perusahaan untuk menginformasikan dan mendiskusikan perkembangan kegiatan hulu migas di Kalimantan. 

PHI beroperasi di Kalimantan melalui anak perusahaan, di antaranya PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS).

Serta PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dan beberapa entitas lainnya, seperti Pertamina EP Sangatta Field, Sangasanga Field, Tanjung Field, Tarakan Field, dan Bunyu Field.

BACA JUGA:PT Pertamina Hulu Indonesia Paparkan Kinerja ESG dan Inovasi Teknologi Pada IPA Convex 2023

Pada kesempatan yang sama, Senior Manager Relations PHI Handri Ramdhani menjelaskan bahwa Perusahaan senantiasa berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan terkait dalam rangka menjaga tingkat keekonomian dan produktivitas lapangan-lapangan migas. 

“Harapan kami, keberadaan Perusahaan dapat terus memberikan multiplier effect kepada masyarakat maupun industri lain, di antaranya.

Melalui suplai gas ke Pupuk Kaltim, PLN Bontang dan PLN Tanjung Batu, Jargas Bontang, dan Jargas Kutai Kartanegara,” ungkap Handri. 

Kegiatan itu pun sudah dimulai atau diinisasi sejak 2021 dan menjadi ajang komunikasi Perusahaan dengan awak media. 

BACA JUGA:PT PHI dan Serikat Pekerja Tunjukkan Bukti Keharmonisan, Tandatangani Kesepatan Kerjasama, Isinya?

Tahun 2023 lalu, Program BASO IGA PHI ini berhasil mendapatkan Silver Award pada Media Relations Award oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) kategori Media Special Program.

PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Regional 3 Kalimantan. 

Tahun 2023 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya yang bekerja sama dengan SKK Migas, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 62,17 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 710 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, andal, patuh, dan ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: