Honda

SIAP-SIAP! Ini Tanggal, Tempat dan Link Pendaftaran Lomba EKR 2024 Piala Menteri PUPR

SIAP-SIAP! Ini Tanggal, Tempat dan Link Pendaftaran Lomba EKR 2024 Piala Menteri PUPR

Perlombaan EKR atau Lomba Gokar Listrik 2024 Bakal Kembali Digelar Oleh Kementerian PUPR Republik Indonesia.-Foto Freepik-

BANDUNG, PALPRES.COM- Lomba balap gokart listrik atau EKR 2024 bakal digelar oleh Menteri PUPR Republik Indonesia Basuki Hadimuljono.

Dimana lomba balap gokart atau Electrik Karting Race (EKR) 2024 sendiri melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Nantinya Menteri PUPR Basuk Hadimuljono akan mengadakan kompetisi ini untuk peringatan HUT Republik Indonesia ke-79 dan kick-off kegiatan Hari Jalan 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain menjadi ajang perlombaan.

BACA JUGA:Dihadiri Menparekraf, PLN Icon Plus Turut Andil dalam Festival Sriwijaya XXXII-2024

Nanti lomba gokart Listrik 2025 ini pun diperuntuhkan untuk mendukung pemerintah mensosialisasikan kendaraan ramah lingkungan yakni kendaraan listrik.

Serta juga memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai teknologi listrik pun bisa diaplikasikan teknologi jenis campuran beraspla yang dipakai di sirkuit.

“Mudahan acara ini nanti bisa menjadi titik awal terbaik. Pihaknya juga pun menggandeng UPI dan IMI untuk kegiatan ini, dengan bertujuan bisa memajukan teknologi kendaraan listrik di Indonesia,” ucap Menteri Basuki.

Terpisah, Direktur Bina Teknik Jalan dan Jembatan Dirjen Bina Marga Yudha Handita Pandjiriawan menambahkan, Lomba Gokart Listrik 2024 ini tidak lanjut dari Inpres nomor 7 tahun 2022 dan PP nomor 79 tahun 2023 dalam mendukung percepatan pemakaian kendaraan listrik.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Sulap Kawasan Permukiman Kumuh di Sleman Dengan Dana Rp29,29 Miliar

“Kegiatan ini pun satu-satunya di Indonesia dan ini pun merupakan kontribusi nyata dalam memajukan kendaraan listrik di tanah air.

Serta juga mengenalkan olahraga gokart memakai kendaraan listrik,” jelas Yudha.

Untuk tahun 2024 ini akan berbeda dengan kompetisi sebelumnya, karena lomba gokart listrik 2024 akan digelar dalam 2 putaran.

Putaran pertama bakal dilangsungkan selama 2 hari pada 3 -4 Agustus 2024 mendatang di Sirkuti Electric Vehicle Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA:Tersedia Banyak Posisi! Kementerian PUPR Buka Lowongan Kerja untuk Semua Jurusan, Bisa Daftar di Sini

Lalu putaran kedua akan digelar di IKN, Kalimantan Timur pada 30 November sampai 1 Desember 2024.

Selain itu juga Yudha pun menjelaskan, putaran pertama itu diadakan di Sirkuti EV punya Kementerian PUPR.

Sirkuit itu sendiri dibangun memakai 9 teknologi jalan yang dihasilkan dari inovasi terbaik.

Seperti aspal karet, aspal plastik, aspal PG-70, asbuton murni, asbuton pracampur 30, aspal porous, beton porous, timbunan FABA, dan timbunan ringan. 

BACA JUGA:Telan Dana Rp89,63 Miliar, Kementerian PUPR Akan Bangun Instalasi Air Baku 100 Liter Per detik di Daerah Ini

“Dengan harapan track EKR 2024 ini pun bisa dipergunakan oleh IMI maupun komunitas kendaraan listrik lainnya untuk berlatih. 

Sehingga apa yang telah kami bangun dapat bermanfaat,” tambah Direktur Yudha. 

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Teknologi dan Peralatan Infrastruktur Bina Marga Yudi Hardiana yang juga sebagai Ketua Penyelenggara EKR 2024 menambahkan, target peserta maksimum sebanyak 50 orang yang terbagi menjadi 4 kelas.

Yakni kelas mini untuk peserta berumur 7 hingga 13 tahun, kelas junior untuk peserta berumur 11 hingga 15 tahun, kelas senior untuk peserta berumur 15 tahun ke atas, dan kelas expert untuk peserta berumur 32 tahun ke atas. 

BACA JUGA:2 Provinsi di Sumatera Dapat Kucuran Dana Rp1,6 Triliun dari Kementerian PUPR, Sumatera Selatan Termasuk? 

“Pendaftaran peserta dibuka sejak tanggal 1 Juni 2024 dan ditutup pada 15 Juli 2024. Peserta cukup menyediakan chassis.

Sedangkan konversi gokart dilakukan dengan kerja sama antara Kementerian PUPR dan UPI. 

Panitia juga akan menyediakan Battery Pack Lithium Ion (Li-NMC) dengan kapasitas total baterai maksimum 72 V 40 Ah atau 2.88 KWh untuk digunakan oleh para peserta,” terang Yudi. 

Perlombaan akan terdiri dari tiga tahap untuk tiap kelasnya, yaitu Qualifying Time Trial (QTT), Pre-Final, dan Final sesuai dengan regulasi gokart. 

BACA JUGA:Jamin Pasokan Air IKN Aman, Kementerian PUPR Alokasikan Anggaran Rp146,96 Triliun, Untuk Apa?

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, dapat diperoleh dengan mengunjungi laman https://linktr.ee/electrickartingrace

Selain mendapat piala, para pemenang juga akan mendapat hadiah uang dengan total ratusan juta rupiah. 

“Terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberi dukungan penyelenggaraan acara EKR 2024.

Diharapkan dari acara ini, dapat menjadi masukan untuk Direktorat Jenderal Bina Marga terkait pengaplikasian teknologi jenis campuran beraspal yang digunakan di sirkuit dan sekaligus meningkatkan awareness masyarakat tentang program pemerintah terkait penggunaan kendaraan listrik,” tandas Yudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: