Honda

Intip Sejarah Motor Matic Yamaha di Indonesia, Skutik Ini Pertama Kali Mengaspal

Intip Sejarah Motor Matic Yamaha di Indonesia, Skutik Ini Pertama Kali Mengaspal

Ilustrasi motor matic pertama Yamaha yang mengaspal di Indonesia-tangkapan layar YouTube Yamaha Mesra-

PALPRES.COM - Berbicara mengenai sejarah motor matic Yamaha di Indonesia, pasti teringat dengan Mio atau Nouvo.

Namun, motor maticpertama Yamaha yang mengaspal di Indonesia ternyata bukan Mio atau Nouvo.

Menyambut perayaan 50th Anniversary Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), alangkah baiknya sedikit nostalgia mengenai motor-motor pertama Yamaha di Indonesia.

Memang, banyak yang menganggap Nouvo merupakan motor matic pertama dari pabrikan garpu tala di tanah air.

BACA JUGA:Inilah Batu Akik Raflesia Bengkulu, Tetap Stabil di Kondisi Labil

BACA JUGA:Video Pelanggaran di Flyover Jakabaring Viral, Ini Klarifikasi Satlantas Polrestabes Palembang

Nouvo sendiri diluncurkan pada 2002 silam, tapi bukan menjadi motor matic pertama Yamaha di Indonesia.

Executive Vice President, Chief Operating Officer YIMM, Dyonisius Beti yang menjabat saat itu menurutkan, matic pertama Yamaha di Indonesia adalah Glide dan Majesty.

"Pertama kali kami memasukkan skutik di Indonesia itu bukan Nouvo, tapi Glide dan Majesty," kata Dynosius Beti kala itu.

Dyon menjelaskan, ide mendatangkan Glide dan Majestu lahir setelah dirinya melihat banyaknya skutik beredar di Jepang.

BACA JUGA:Penting Diketahui! Inilah 10 Ciri Perkutut Putih Lokal Alam Asli dengan Kekuatan Tuahnya

BACA JUGA:Cek ATM! KPM Kategori Ini Terima Saldo Bansos di Bank BNI, BRI dan BSI

Dan akhirnya, pada tahun 1990-an Dyon berkunjung ke Jepang untuk pertemuan dengan Yamaha Pusat.

Dirinya pun memulai rencana YIMM memboyong sejumlah skutik untuk dipasarkan di tanah air.

"Tadinya kami mau impor dari Jepang, tapi harganya mahal," jelasnya.

Akhirnya, kata Dyon, pihaknya mengambil dari Yamaha Taiwan yang skutiknya juga laku.

BACA JUGA:PT Petrokimia Gresik Buka Lowongan Kerja Magang Generasi Betalenta (Internship) 2024 Ini Cara Melamarnya!

BACA JUGA:Gagal Jadi Miskin! 3 Weton Ini Hidupnya Bakal Makmur dan Sejahtera, Rezekinya Berlimpah Ruah

Yamaha Glide yang dijual di Indonesia ini diketahui mempunyai ukuran yang kecil dengan mesin 2-tak berkapasitas 90 cc.

Sedangkan Yamaha Majesty mempunyai ukuran yang cukup gambot dengan mesin 4-tak berkapasitas 125cc.

"Majesty yang punya perangai big bike ii juga bisa dibilang cikal-bakalnya NMAX," ungkapnya tersenyum.

Diketahui, dua motor matic pertama Yamaha ini dipasarkan di Indonesia di tahun 1999.

BACA JUGA:Harga Emas di Palembang Hari Ini 5 Juli 2024 Tembus Rp1.383.000 per Gram

BACA JUGA:Honda Freed 2024 Hadir dengan Mesin Hybrid Bergaya Crossover, Dijual Harga Segini?

Sayangnya, umur Glide dan Majesty di Indonesia hanya bertahan hingga tahun berikutnya karena penjualannya tidak memuaskan.

Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat pihaknya menyerah sehingga mencoba lagi dengan Nouvo.

Kegagalan Glide, Majesty dan Nouvo menunjukkan bahwa pasar Indonesia di awal 2000.an masih belum dapat menerima kehadiran motor matic.

Kala itu, beberapa motor bebek masih menguasai pasar kendaraan roda dua di Tanah Air.

BACA JUGA:Penting Diketahui! Inilah 10 Ciri Perkutut Putih Lokal Alam Asli dengan Kekuatan Tuahnya

BACA JUGA:Mobil Sport Toyota GR Corolla Resmi Dijual di Indonesia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Kemudian di tahun 2003, upaya YIMM membuahkan hasil dengan peluncuran Yamaha Mio kali pertamanya.

Namun demikian, Glide dan Majesty saat ini menjadi incaran kolektor motor, sebab unitnya langka akibat cuma dijual dalam setahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: