Honda

Semifinal Euro 2024 Prediksi dan Preview Spanyol vs Prancis, Masihkah Fortuna Bersama Prancis?

Semifinal Euro 2024 Prediksi dan Preview Spanyol vs Prancis, Masihkah Fortuna Bersama Prancis?

Spanyol dan Prancis sama-sama menyisakan satu pertandingan lagi dari final Euro 2024 menjelang pertandingan empat besar hari Rabu dini hari--euro2024

PALPRES.COM - Munich menyiapkan satu tempat bagi pemenang Semifinal Euro 2024 antara Spanyol vs Prancis pada Rabu dini hari 02.00 WIB, berikut ini prediksi dan preview kedua tim.

Catatan Penting Statistik Spanyol vs Prancis

  • Spanyol sepertinya jadi favorit, tipis diatas Prancis, memperoleh 38,2% kemungkinan untuk memenangkan pertandingan dini hari nanti. 

  • Penyerang Prancis Kylian Mbappe hanya berhasil mencetak satu gol dari 20 tembakan sepanjang Euro 2024. 

  • Spanyol jadi satu-satunya tim dengan kemenangan dalam semua lima pertandingan pada euro 2024 ini, tapi belum ada tim yang mampi menang enam kali dalam satu turnamen Kejuaraan Eropa, atau enam pertandingan Euro berturut-turut. 

Spanyol dan Prancis sama-sama menyisakan satu pertandingan lagi dari final Euro 2024 menjelang pertandingan empat besar hari Rabu dini hari.

Keduanya menuju ke Munich dalam performa yang kontras namun mengincar dengan target yang sama. 

BACA JUGA:Tanpa Noa dan Estella, Coach Mochi Bawa 24 Pemain ke Hongkong Termasuk Trio Abroad Sydney, Katarina dan Kayla

BACA JUGA:Sriwijaya FC Belum Punya Sosok Pemimpin Presiden Klub yang Baru Buat Arungi Liga 2 Musim Ini

Pasukan Luis de la Fuente adalah satu-satunya tim yang meraih kemenangan di seluruh lima pertandingan turnamen ini di Jerman, mengalahkan tuan rumah Julian Nagelsmann di perempat final dengan kemenangan 2-1 di perpanjangan waktu. 

Dani Olmo membuka skor di awal babak kedua sebelum gol penyeimbang Florian Wirtz memaksa perpanjangan waktu, namun Mikel Merino membuktikan pahlawannya dengan sundulan penentu kemenangannya pada menit ke-119. 

Keajaiban Merino menghasilkan kemenangan kelima berturut-turut untuk La Roja, meskipun tidak ada tim dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang memenangkan enam pertandingan dalam satu turnamen dan tidak ada tim yang pernah menang dalam enam pertandingan Euro berturut-turut. 

Bos Prancis Didier Deschamps sangat menyadari bahwa pasukan De la Fuente sedang dalam performa terbaiknya, setelah memenangkan 15 dari 19 pertandingan mereka sejak awal tahun 2023.

BACA JUGA:Kayla Ristianto Pemain Diaspora yang Dipanggil Coach Mochi untuk Gabung Timnas Putri Indonesia

BACA JUGA:Usai Dapat Pelatih Baru, Latihan Perdana Sriwijaya FC Justru Molor, Begini Alasan Manajemen SFC

Selama periode itu, tingkat persentase kemenangan Spanyol mencapai 79% menjadi yang terbaik di antara negara Eropa mana pun. 

Terinspirasi oleh pemain sayap seperti Lamine Yamal dan Nico Williams, Spanyol juga memenangkan tujuh pertandingan terakhir mereka berturut-turut, terakhir menang lebih berturut-turut antara Juni 2009 dan Juni 2010 (12). 

Yamal telah menciptakan 14 peluang bagi rekan setimnya di Spanyol di kompetisi ini, terbanyak yang dilakukan pemain Spanyol di turnamen besar sejak Xavi di Euro 2012 (25).

Jumlah peluang yang diberikan kepada rekan satu timnya juga merupakan yang terbanyak bagi seorang remaja di turnamen besar sejak pencatatan Opta dimulai (1966 untuk Piala Dunia, 1980 untuk Euro). 

BACA JUGA:Sydney Hopper Dapat Pujian dari Coach Mochi, Punya Postur Bagus Semoga Masuk Timnas Putri Indonesia

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Juara MotoGP Jerman 2024, Geser Jorge Martin di Puncak Klasemen

Pemain sayap Barcelona ini telah membuat tiga assist dari peluang tersebut, termasuk umpan sempurna pada hari Jumat untuk Olmo, dan tidak ada pemain Spanyol yang mencatatkan lebih banyak di satu turnamen Kejuaraan Eropa. 

Namun ini bukanlah tim tradisional Spanyol, dengan dominasi penguasaan bola dikorbankan demi efisiensi klinis di lini depan dan ketangguhan pertahanan di lini belakang. 

Spanyol mencatatkan total penguasaan bola yang lebih rendah dibandingkan lawannya dalam dua dari lima pertandingan Euro 2024 (48% vs Jerman, 47% vs Kroasia).

Angka tersebut lebih banyak dibandingkan yang mereka capai dalam 44 pertandingan di turnamen besar antara Piala Dunia 2006 dan 2022 (sekali di final Euro 2008 vs Jerman, 46%). 

BACA JUGA:Progres Positif Timnas Putri Indonesia Ditangan Satoru Mochizuki, Jelang Laga Ujicoba Lawan Hongkong

BACA JUGA:Hasil Perempat Final Euro 2024: Belanda vs Turki, Timnas Pusat Berhasil Comback dan Lolos Semifinal

Terlepas dari metode yang digunakan, Spanyol akan mengincar untuk mencapai final Kejuaraan Eropa kelima, dengan hanya Jerman (6) yang berhasil mencapai final tersebut.

Tim Spanyol telah lolos dari empat dari lima semifinal tetapi kalah adu penalti dari Italia yang akhirnya menjadi juara pada tahap ini di Euro 2020. 

Prancis akan berusaha mencapai final Euro keempat mereka, setelah mencapainya pada tahun 1984, 2000 dan 2016, namun ini merupakan final kedua yang tidak dimainkan di tanah Prancis (Euro 2000 di Belanda). 

Berbeda sekali dengan Spanyol, Les Bleus sejauh ini gagal tampil mengesankan di edisi kali ini. Pasukan Deschamps mengalahkan Portugal melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol pada hari Jumat, dengan Prancis kembali gagal mencetak gol. 

BACA JUGA:Hasil Babak Perempat Final Euro 2024: Inggris vs Swiss, The Three Lions ke Semifinal via Menang Adu Penalti

BACA JUGA:Pertandingan Perempat Final Euro 2024 Prediksi dan Preview Belanda vs Turki, Head to Head Tim Offensive

Hanya ada empat gol yang dicetak dalam lima pertandingan Prancis di Euro 2024 (tiga menguntungkan, satu kebobolan), baik penalti (2) atau gol bunuh diri (2). 

Sebanyak 128 tembakan non-penalti gagal dicetak (86 untuk Prancis, 42 untuk lawan), sementara Prancis adalah satu-satunya tim yang mencatat rekor sejak 1980 yang melakukan lebih dari 50 tembakan non-penalti di Euro dan gagal mencetak gol. siapapun dari mereka. 

Perjuangan menyerang tersebut dapat dikaitkan dengan performa Kylian Mbappe, yang hanya mencetak satu gol dari 20 tembakan di turnamen ini melalui penalti MD 3 melawan Polandia. 

Faktanya, penyerang yang akan bergabung dengan Real Madrid ini hanya mencetak satu gol dari 34 percobaannya di Piala Eropa secara keseluruhan (3%), sedangkan ia telah mencetak 12 gol dari 39 tembakan (tingkat konversi tembakan sebesar 31%) di Piala Dunia. 

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Perempat Final Euro 2024: Prancis Singkirkan Portugal Lewat Drama Adu Penalti

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Perempat Final Euro 2024: Spanyol vs Jerman, Skor 2-1 La Furia Roja Singkirkan Tuan Rumah

Namun, kesuksesan pertahanan Deschamps berkat Mike Maignan. Penjaga gawang asal Prancis ini memiliki persentase penyelamatan sebesar 94% di kompetisi ini, yang merupakan penjaga gawang terbaik yang mampu tampil lebih dari satu kali. 

Upaya mengesankan Maignan adalah yang terbaik yang dilakukan oleh seorang penjaga gawang di turnamen Euro sejak Iker Casillas pada tahun 2012 dengan Spanyol sebagai pemenang tahun itu (juga 94%), dan pemain Prancis tersebut diperkirakan akan diuji lagi pada hari Selasa. 

Prediksi Susunan Pemain Spanyol vs Prancis

Susunan pemain Euro 2024 Spanyol vs Prancis--kolase

Head to Head Spanyol vs Prancis

Kedua tim ini sudah tidak asing lagi satu sama lain di turnamen besar, dan hari Selasa akan menjadi pertemuan keenam antara keduanya. 

Prancis menang tiga dari empat pertandingan pertama, menang 2-0 di final Euro 1984 di kandang sendiri, 2-1 di perempat final tahun 2000 di kompetisi yang sama, dan 3-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2006. 

Spanyol menang dalam pertandingan terakhir, kemenangan 2-0 di perempat final dalam perjalanan menuju kejayaan Euro 2012.

Sementara pada pertemuan lainnya berakhir dengan hasil imbang 1-1 di babak penyisihan grup turnamen internasional top UEFA tahun 1996. 

Setelah bertemu di setiap babak yang mungkin terjadi di turnamen besar, semifinal ini akan menjadikan Spanyol vs Prancis sebagai pertandingan ketiga yang dimainkan di setiap babak Piala Dunia dan Euro, bersama Italia vs Spanyol dan Inggris vs Jerman. 

BACA JUGA:Perempat Final Euro 2024: Prediksi dan Preview Portugal vs Prancis Pembuktian Dua Mega Bintang

BACA JUGA:Shin Tae-yong Bakal Umumkan Road Map Timnas Indonesia, Sejumlah Pemain Bakal Dipanggil Gabung Latihan

Prediksi Spanyol vs Prancis

Spanyol sebagai favorit untuk pertandingan ini, dengan La Roja menang 38,2% dan Prancis menang dalam 31,8% dari simulasi pra-pertandingan. 

Hasil imbang akan membuat pertandingan ini berlanjut ke perpanjangan waktu, seperti yang terjadi pada tiga dari empat perempat final, dengan hasil tersebut diperkirakan pada 30% simulasi berdasarkan data. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: