Honda

Muba Pamerkan Produk Unggulan Kain Gambo di Ajang APKASI Otonomi Expo 2024

Muba Pamerkan Produk Unggulan Kain Gambo di Ajang APKASI Otonomi Expo 2024

Pj Ketua TP PKK Muba Didamping Kadis Perindag Muba Melihat Produk Unggulan Kain Gambo.-Kominfo Muba For Palpres.com-

JAKARTA, PALPRES.COM- Pada gelaran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2024.

Kabupaten Muba kembali memamerkan produk unggulan kain gambo di stan Pemkab Muba yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Rabu 10 Juli 2024.

Dalam kegiatan ini Pemkab Muba tampil eksis dengan menyuguhkan berbagai produk-produk unggulan, diantaranya kerajinan kain Khas Gambo Muba. 

Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma.

BACA JUGA:Sekda Muba Bakal Beri Materi Pembekalan Bagi 2.340 PPPK, Ingatkan PPPK Untuk Tidak Gaptek

"Gambo saat ini juga telah menjadi identitas Kabupaten Muba. Tentunya dengan mengikuti APKASI Otonomi Expo kita bisa memamerkan dan memaparkan potensi yang ada," kata Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Minarni Sandi Fahlepi meninjau Stan Muba di APKASI Otonomi Expo 2024.

Lanjutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) pada tanggal 10-12 Juli 2024, dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi tersendiri bagi pengrajin maupun masyarakat.

Untuk lebih mengeksplor lagi potensi sumberdaya alam dan produk unggulan di Kabupaten Musi Banyuasin," harapnya.

BACA JUGA:Sambangi Stand Muba di Rakernas APKASI, Wapres RI hingga Ketua KPK Kenakan Kain Gambo: Kami Bangga

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MT mengatakan untuk APKASI Otonomi Expo Tahun 2024 ini produk yang ditampilkan selain produk kerajinan Gambo Muba, juga produk unggulan dari komoditas perkebunan, pertambangan, dan termasuk produk dari UMKM.

"Alhamdulillah stan Gambo Muba juga bisa eksis di APKASI Otonomi Expo tahun ini.

Para peserta cukup antusias mengunjungi Stan kita, banyak yang berminat terutama terhadap produk kerajinan Gambo Muba," ungkapnya.

Hadir langsung dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Koperasi UKM Muba Indita Purnama SSos MM, dan Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Muba Demon Hardian Eka Suza SSTP MSi.

BACA JUGA:Pj Bupati Muba Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK RI dan Seminar Nasional

Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kabid Informasi Publik Frans Gustian ST, dan Pranata Humas Ahli Muda Bidang Komunikasi Publik Slamet Rianto SE MSi.

Untuk diketahui Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka secara langsung Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke XVI, APKASI Otonomi Expo (AOE), dan APKASI Procurement Network Tahun 2024 di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta.

Acara ini dihadiri Mendagri Tito Karnavian, Kabinet Indonesia Maju, dan Bupati se Indonesia, termasuk ikut hadir Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi, yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Muba Hj Triana Sandi Fahlepi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba Azizah SSos MT, dan Kepala Daerah Muba terkait lainnya.

Disela kegiatan tersebut Pj Bupati Muba mengatakan, Rakernas Apkasi dan Otonomi Expo adalah agenda tahunan yang digelar Apkasi untuk membahas isu-isu dan rencana strategis dalam pembangunan daerah, khususnya kabupaten.

BACA JUGA:Kembali Datangi Kantor Dirjen Migas Kementerian ESDM, Pj Bupati Muba Sampaikan Masalah Ini

Selain itu, Apkasi Otonomi Expo menjadi ajang untuk memamerkan potensi daerah, dengan harapan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pada Apkasi Otonomi Expo kita memamerkan dan memaparkan potensi daerah dengan harapan meningkatkan minat investor menanamkan modalnya di daerah.

Tentu akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bumi Serasan Sekate,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: