Honda

Kompak dan Komunikatif, Kloter 16 Debarkasi Palembang Pulang Bawa Predikat Kloter Terbaik di Maktab

Kompak dan Komunikatif, Kloter 16 Debarkasi Palembang Pulang Bawa Predikat Kloter Terbaik di Maktab

Sebanyak 441 jemaah haji Kloter 16 Debarkasi Palembang asal Banyuasin, OKI, PALI, dan Kota Palembang tiba di Palembang, Jumat 12 Juli 2024 siang.--

PALEMBANG,PALPRES.COM-  Sebanyak 441 jemaah haji Kloter 16 Debarkasi Palembang asal Banyuasin, OKI, PALI, dan Kota Palembang tiba di Palembang, Jumat 12 Juli 2024 siang.

Dinilai kompak, aktif, dan komunikatif, Kloter 16 mendapatkan penghargaan Kloter Terbaik di Maktab 67 Mekkah. 

Ketua Kloter 16 Abadil menjelaskan, penghargaan tersebut diserahkan Kepala Maktab 67 Mekkah Faruq Abdullah Bima kepadanya jelang keberangkatan jemaah haji kloter 16 dari Mekkah menuju Madinah, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, penghargaan tersebut diberikan karena kloter 16 dinilai kompak, aktif, dan komunikatif. Baik antara sesama jemaah, petugas, maupun dengan pihak maktab. 

BACA JUGA:BSB Syariah Kenalkan Tabungan Haji U-din ke Mahasiswa UMP

BACA JUGA:Sepulang Haji, Nenek Rogaya Temui Sekda Muba Apriyadi, Ada Apa Ya?

“Kita tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan ini. Terima kasih kepada seluruh jemaah kloter 16 atas kerjasamanya. Kloter 16 ini terdiri dari jemaah dari berbagai kabupaten/kota, ada juga jemaah dari KBIHU dan jemaah mandiri. Meski demikian, alhamdulillah selama lebih kurang 40 hari di Tanah Suci, kekompakan dapat terjalin baik. Tidak ada yang mementingkan diri sendiri atau kelompoknya. Sekali lagi terima kasih,” ujar Abadil. 

Hal senada diungkapkan Meta Apriliani.

Jemaah haji asal Palembang itu mengaku, jemaah haji kloter 16 sangat kompak seperti satu keluarga.

Bila ada jemaah yang sakit atau hilang, jemaah yang lain akan ikut mencari.

BACA JUGA:Penuh Haru, Wakil Bupati OI Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Ogan Ilir

BACA JUGA:Kedatangan Kloter 15 Tambah Jumlah Jemaah Haji Debarkasi Palembang yang Tiba di Tanah Air

Semua jemaah juga mengikuti aturan yang ditetapkan seperti mematuhi jadwal melontar jumroh. 

“Kami kompak dan menjaga kekeluargaan. Alhamdulillah semua petugas sigap. Bila ada yang sakit segera ditindaklanjuti. Konsumsi tidak pernah terlambat. Malah sebelum jam makan, semua sudah terbagi ke jemaah. Saat puncak haji, banyak petugas yang membantu. Kami  bersyukur bisa berangkat haji. Semua perjalanan yang kami laksanakan sesuai dengan apa yang kami harapkan,” tutur Meta. 

Sementara itu, Subhan Lutfi, jemaah berusia 19 tahun asal Palembang mengakui, komunikasi antar jemaah terjalin baik.

Tidak ada miss komunikasi dan miss informasi. Jemaah juga saling membantu.

“Petugas siap 24 jam itu benar-benar ada. Pengalaman saya pribadi mengantar salah satu jemaah saat tengah malam, petugas masih melayani dan membantu. Saat kita bertanya mereka juga langsung melayani dan menjawab dengan baik,” puji Lutfi.

BACA JUGA:Sampai di Tanah Air, Jemaah Haji Wajib Lapor ke Puskesmas Setempat

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 11 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air, Puas dengan Layanan Haji Tahun Ini  

Sama seperti yang lain, Mimi Susanti, jemaah asal Muara Sugihan Banyuasin merasa senang dan terharu.

Dia bahagia kloter 16 mendapatkan penghargaan karena dinilai kompak. Pun dengan Muri, suami Mimi Susanti.

Menurut Muri, pelayanan petugas 24 jam penuh tidak berhenti.

Alhamdulillah kloter 16 jemaahnya tertib dan kompak. Jumlah jemaah banyak, namun bersedia diatur dan patuh,” nilai Muri. 

BACA JUGA:Masuk Gelombang 2, Sebanyak 93.614 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air

7.140 Jemaah Sudah Kembali Ke Tanah Air

Sementara itu, PLH Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci, kloter 16 berjumlah 447 orang.

Namun ada satu jemaah yang meninggal di Tanah Suci yaitu Wartono Noyo Kerto (83) dan ada lima jemaah yang telah pulang lebih awal.

Sehingga yang tiba di Palembang hari ini berjumlah 441 orang. 

“Tahun ini embarkasi Palembang memberangkatkan 8.467 jemaah haji. Dari jumlah tersebut, hingga kloter 16 hari ini sebanyak 7.140 jemaah telah kembali ke Tanah Air dengan rincian 5.954 asal Sumsel, 1.106 asal Bangka Belitung, dan 80 petugas kloter. Sedangkan jemaah haji yang meninggal berjumlah 25 orang dengan rincian dua meninggal di embarkasi, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi. Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah enam orang,” jelas Win Hartan. 

Kloter 16 sendiri disambut di Aula Asrama Haji Sumsel. Hadir pada kegiatan ini antara lain Sekda Kabupaten PALI Kartika Yanti, Kabag Tata Usaha sekaligus PLH. Kabid PHU Win Hartan, para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Sumsel, Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Sumsel Muhammad Yamin, Kepala Kankemenag PALI Deni Priansyah, Kepala Balai Kekarantinaan Kesehatan Emmilya Rosa, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola asrama haji Rebo Iskandar Pohan, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: