Honda

Tahun 2024, Bank Indonesia Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS, Triwulan II Sudah Tercapai 52 Persen

Tahun 2024, Bank Indonesia Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS, Triwulan II Sudah Tercapai 52 Persen

Kakanwil BI Sumsel, Ricky P Gozali saat membuka QRIS Jelajah Indonesia di halam Kantor Perwakilan BI Sumsel, Kamis 11 Juli 2024--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Bank Indonesia Sumatera Selatan (BI Sumsel) menargetkan perluasan ekonomi digital sepanjang tahun 2024 di angka 27 juta transasksi non tunai menggunakan sistem barcode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Kita menarget 27 juta volume transaksi, dan sekarang sudah di atas 52 persen," ujar Kepala BI Sumsel Ricky P Ghozali, usai kegiatan Kick Off QRIS Jelajah Sumsel. 

Target Bank Indonesia Sumsel dalam digitalisasi ekonomi pada 2023 melebihi target di angka 13,4 juta transaksi sistem cashless dengan tambahan 495 ribu pengguna QRIS hingga akhir tahun lalu.

"Tahun lalu, Alhamdulillah lebih dari target (perluasan digital)," kata Ricky. 

BACA JUGA:Kakanwil BI Sumsel Buka Kick Off QRIS Jelajah Indonesia di Sumsel, Dorong Masyarakat Melek Digitalisasi

BACA JUGA:QRIS BSB Mobile jadi Andalan Milenial dan Gen Z, Belanja Tinggal Scan, Top Up Apa Aja Lebih Mudah

Langkah BI Sumsel upaya meningkatkan penyerapan digitalisasi ekonomi daerah juga dilakukan dengan program Digital Galo dan menyeleksi duta QRIS lewat kegiatan QRIS Jelajah Sumsel.

"Peningkatan digitalisasi merupakan fokus BI untuk pertumbuhan ekonomi. BI selalu berupaya mengembangkan perluasanan digitalisasi ke masyarakat. Salah satunya, kegiatan ini (QRIS Jelajah Sumsel) perluasan digitalisasi mengenalkan ke anak muda," jelasnya.

QRIS Jelajah Sumsel merupakan kampanye transaksi non tunai ke daerah dengan fokus awal di Palembang. Bank Indonesia menyeleksi 60 peserta yang terbagi 20 tim dan mereka berkompetesi mengenalkan sistem digitalisasi.

"Mereka tiga hari melakukan kampanye, kita umumkan hasil (pemenang) 1 Agustus di Festival Ekonomi. Ini kita kembangkan, menjadi duta pengembangan digitalisasi, tiap tahun kita lakukan seleksi," timpal dia.

BACA JUGA:Krom Bank Kini Hadirkan Fitur QRIS, Mudahkan Nasabah Betransaksi, Aman dan Kompetitif

BACA JUGA:Nggak Bawa ATM Tetap Bisa Tarik, Setor Tunai dan Transfer Pakai QRIS TUNTAS, Begini Caranya

Ricky juga mengharapkan, kampanye QRIS Jelajah Indonesia ini dapat efektif dan ikut meningkatkan jumlah penggunaan QRIS di Sumsel sembari terus melakukan pengembangan pemakaian QRIS lebih luas dengan berbagai strategi menarik lainnya.

Selama pelaksanaan event ini pihaknya menargetkan ada 75 juta pengguna QRIS baru.

Tak lupa Ricky juga berpesan kepada para peserta untuk semangat dalam melaksanakan kompetisi ini.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Gandeng Bank Indonesia dan BPMPD, Gelar Operasi Pasar Murah Guna Kendalikan Inflasi

BACA JUGA:30 Tenant UMKM Ramaikan Pasar Bedug BSB Syariah, Belanja Pakai QRIS Dapat Sembako

“Tetap jaga keselamatan pribadi dan tim, gunakan QRIS dan semua digitalisasi system pembayaran yang ada di dalam pelaksanaan kegiatan ini, lakukan seoptimal mungkin,”pesan Ricky.

Ia juga menegaskan pentingnya mendukung program QRIS Jelajah Indonesia 2024 agar dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat dan mewujudkan Indonesia Digital serta Indonesia Maju.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan berbagai misi yang akan diikuti oleh peserta dari tanggal 11 hingga 13 Juli 2024 di berbagai lokasi menarik di Kota Palembang.

Misi yang dilaksanakan terkait beberapa tema edukasi, yakni QRIS, Pelindungan Konsumen, Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT), serta Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah.

Salah satu misi yang diselesaikan pada hari ini adalah penukaran uang lusuh di loket Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam misi ini, peserta diminta untuk mencari uang tidak layak edar (UTLE) sebelum hari kompetisi, menukarkannya di loket, dan melakukan edukasi CBP Rupiah kepada masyarakat.

Sementara itu, pada kesempatan lainnya, peserta juga akan diberikan misi untuk melakukan transaksi QRIS di Benteng Kuto Besak dan melakukan edukasi perlindungan konsumen kepada masyarakat.

Melalui program QRIS Jelajah Indonesia, Bank Indonesia berharap dapat mempercepat perluasan digitalisasi sistem pembayaran di seluruh negeri.

Selain itu, program ini juga diharapkan  dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan QRIS dan inisiatif digital lainnya.

Ke depannya, bank Indonesia akan terus berkolaborasi dengan stakeholder terkait untuk terus mendorong perkembangan sistem pembayaran non tunai di Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: