Honda

Terpantau Firespot di Jejawi OKI, Begini Upaya Satgas Karhutla

Terpantau Firespot di Jejawi OKI, Begini Upaya Satgas Karhutla

Satgas Karhutla berjibaku memadamkan titik api di Kecamatan Jejawi-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali mendeteksi titik api (firespot) di wilayah Kecamatan Jejawi, OKI, Sumatera Selatan.

Akibatnya, lahan di kawasan tersebut terbakar.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI, Nova Triyussanto mengungkapkan, bahwa firespot diduga berasal di Desa Batun Baru, Kecamatan Jejawi.

"Satgas yang terdiri dari personel Polsek Jejawi, Koramil 402-03/SP Padang, serta anggota satgas lainnya telah turun langsung untuk memadamkan lahan yang terbakar," kata Nova, Minggu 28 Juli 2024.

BACA JUGA:FIX! Ini Dia Kriteria Kendaraan yang Boleh Menggunakan BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara di IKN, Berikan Kemudahan dan Kenyamanan Telekomunikasi

Untuk memadamkan dan menghambat kebakaran agar tidak semakin meluas, BPBD OKI telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Batun Baru untuk memonitor lokasi kebakaran.

"Saya juga meminta agar Masyarakat Peduli Api (MPA) langsung menuju lokasi guna melakukan pemadaman," tambahnya.

Nova mengungkapkan, bahwa anggota satgas sempat mengalami kendala saat menuju lokasi kebakaran karena lahan yang terbakar tersekat oleh kanal yang cukup lebar.

"Anggota satgas tidak bisa menyeberang, jadi harus menggunakan perahu ketek untuk mencapai lokasi lahan yang terbakar," ungkap Nova.

BACA JUGA:Indikasi Potensi dari Pelanggaran Kades di Pilkada Lebih Kuat, Bawaslu Sumsel Buka Suara

BACA JUGA:3 Weton Ini Diprediksi Terbebas dari Hutang di Pertengahan Hingga Akhir 2024, Rezekinya Mengalir Deras!

Saat ini, BPBD OKI terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, baik pihak desa maupun pihak kecamatan, untuk memantau perkembangan terkait kemungkinan munculnya titik api lainnya.

"Kami meminta pihak Polsek dan Koramil untuk segera mengamankan jika ada oknum yang sengaja membakar lahan di sana," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: