Honda

Polres Lubuklinggau Gelar Gladi Simpamkota Pilkada 2024

Polres Lubuklinggau Gelar Gladi Simpamkota Pilkada 2024

Polres Lubuklinggau Gelar Gladi Simpamkota Pilkada 2024 --

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Polres Kota Lubuklinggau Bersama unsur terkait menggelar kegiatan gladi Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota) di Lapangan Perbakin Kota Lubuklinggau, Senin, 12 Agustus 2024. 

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lubuklinggau, AKBP Bobby Kusumawardhana didampingi Wakapolres, Kompol Asep Supriyadi seluruh Pejabat Utama (PJU) dalam rangka mempersiapkan pengamanan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 di Kota Lubuklinggau.

Di mana kegiatan ini juga melibatkan berbagai unsur terkait, termasuk personel dari Polres Lubuk Linggau, Kodim 0406 Lubuklinggau, Sat Brimob Polda Sumsel Batalyon B Petanang, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Bobby Kusumawardhana mengatakan, tujuan kegiatan simpamkota untuk meningkatkan kesiapan dan koordinasi antarinstansi dalam mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada 2024 di Kota Lubuklinggau. 

BACA JUGA:Pocil Polres Lubuklinggau Optimis Raih Prestasi di Kejuaraan Tingkat Sumsel

Gladi ini juga merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja 2024, yang fokus pada pengamanan tahap demi tahap pelaksanaan Pilkada, mulai dari masa kampanye hingga hari pemungutan suara dan penghitungan suara.

"Kesiapan kita dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada sangat penting. Dengan latihan seperti ini, kita bisa memastikan bahwa seluruh personel memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing, serta mampu berkoordinasi dengan baik di lapangan," ujarnya.

Selama gladi berlangsung, dilakukan simulasi pengamanan terhadap berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi selama Pilkada, seperti unjuk rasa yang berujung pada tindakan anarkis, penanganan massa, hingga evakuasi terhadap tokoh-tokoh penting. Simulasi ini melibatkan semua elemen yang terlibat, sehingga setiap skenario dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Kemudian peran masing-masing instansi dijelaskan dan dipraktikkan secara langsung. Personel dari Polres Lubuk Linggau bertugas sebagai ujung tombak dalam pengamanan TPS dan jalur distribusi logistik Pilkada.

BACA JUGA:Anggota Polres Lubuklinggau Jangan Coba-coba Terlibat Judi Online, Sanksinya Bisa PTDH!

Sementara personel Kodim 0406 dan Sat Brimob Polda Sumsel Batalyon B Petanang bersiaga untuk mendukung dalam situasi yang memerlukan tindakan taktis, sedangkan Dishub dan Satpol PP berperan dalam pengaturan lalu lintas dan menjaga ketertiban umum.

"Sangat penting menjaga komunikasi dan sinergi antarinstansi, agar pengamanan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, dan dengan latihan ini, kita berharap bisa mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan kondusif di Kota Lubuklinggau," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: