Honda

Presiden Jokowi Kumpulkan 552 Kepala Daerah se Indonesia di IKN, Ini Arahannya

Presiden Jokowi Kumpulkan 552 Kepala Daerah se Indonesia di IKN, Ini Arahannya

Presiden Jokowi Didamping Wakil Presiden Maaruf Amin Foto Bersama dengan Seluruh Kepala Daerah di depan Istana di IKN.-Istimewa-

KALIMANTAN TIMUR, PALPRES.COM- Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi mengumpulkan 552 kepala daerah se Indonesia di Ibukota Nusantara (IKN), Selasa 13 Agustus 2024.

Dari 552 kepala daerah mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota. Salah satunya Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi.

Presiden Jokowi mengumpulkan 552 kepala daerah se Indonesia dalam memimpin rapat koordinasi seluruh kepala daerah.

Sebelum menuju ke IKN Pj Bupati H Sandi Fahlepi bersama ratusan  kepala daerah lainnya berkumpul sejak pukul 06.00 di Stadion Batakan Balikpapan  menggunakan bus khusus.

BACA JUGA:Presiden Terpilih Prabowo: Saya Tegaskan Kita Lanjutkan IKN, Kalau Bisa Percepat!

BACA JUGA:Mirip di IKN, Bogor Pernah Bangun Gedung Berbentuk Garuda Senilai Rp75 Miliar, Kondisinya?

Setibanya di IKN sembari menunggu waktu pertemuan dengan Presiden, rombongan kepala daerah dipandu tour guide  meninjau titik-lokasi pembangunan ibukota negara dengan diarahkan langsung oleh Menteri PU PR DR Ir M Basuki Hadimuljono MSc dan Mendagri Tito Karnavian.

Dalam rapat koordinasi diawal sambutan, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang di Ibukota Nusantara kepada para kepala daerah.

Lanjut, Presiden menyampaikan beberapa arahan terkait dengan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada November 2024 mendatang, diantaranya seputar anggaran, hingga keamanan dan ketertiban Pilkada.

"Anggaran untuk Pilkada harus diselesaikan, juga berkaitan dengan keamanan, koordinasikan dengan Forkompinda karena kita belum pernah memiliki pengalaman untuk melaksanakan pilkada serentak.

BACA JUGA:Perdana Dilakukan di IKN, Presiden Jokowi Gelar Sidang Kabinet Paripurna Bersama Para Menteri

BACA JUGA:BCA Bangun Kantor di IKN, Investasi Capai Rp75 Miliar, Ini Kata Jokowi

Kalau dulu tidak serentak keamanan bisa dibantu dari daerah lain, sekarang semuanya serentak sehingga betul-betul harus dibicarakan menyangkut keamanan dan ketertiban Pilkada yang akan kita lakukan di bulan November nanti," pesan Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian melaporkan bahwa jumlah kepala daerah saat ini gubernur ada 38 orang, walikota 68, bupati 416, total ada 552 kepala daerah se Indonesia, dengan yang defenitif berjumlah 279 orang, dan penjabat 273 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: