Honda

Dukung Ketahanan Pangan di OKU Selatan, Danrem 044/Gapo Hadiri Panen Jagung

Dukung Ketahanan Pangan di OKU Selatan, Danrem 044/Gapo Hadiri Panen Jagung

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP M Si M Tr (Han) menghadiri panen demplot jagung dengan pola kemitraan di Desa Batu Belang Dua, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan pada Sabtu 1 Oktober 2022.--Istimewa/palpres.com

OKU SELATAN, PALPRES.COM- Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, SIP M Si M Tr (Han) menghadiri panen demplot jagung dengan pola kemitraan di Desa Batu Belang Dua, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU SELATAN pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Kodim 0403/OKU bersama PT Mitra Tanam Sejahtera dan Pemerintah Daerah OKU Selatan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan khususnya di wilayah kabupaten OKU Selatan.

Panen demplot jagung ini ditandai dengan penyerahan bantuan bibit jagung, pupuk dan lapun babi pada tokoh masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan panen jagung oleh Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nudika didampingi Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal, Bupati OKU Selatan Popo Ali dan unsur forkopimda OKU Selatan.

BACA JUGA:Jelang HUT Ke-77 TNI, Kodam II/Swj Bersihkan Tempat Ibadah Secara Serentak

“Panen demplot jagung yang dilaksanakan oleh TNI AD bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta PT Mitra Tanam Sejahtera merupakan Program Panglima TNI,” ungkapnya.

Disebutkan orang nomor satu di Korem 044/Gapo ini, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Selain itu, kegiatan penanaman jagung tersebut merupakan bentuk pengembangan program-program TNI dengan kelompok tani dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten OKU Selatan.

“Tidak lain tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan perekonomian petani,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap agar petani semakin sejahtera dan Kabupaten OKU Selatan menjadi salah satu daerah penghasil jagung terbesar di wilayah Sumsel.

“Panen demplot jagung ini sebagai upaya Dandim 0403 OKU, PT Mitra Tanam Sejahtera dan Pemerintah Daerah OKU Selatan untuk menjadikan OKU Selatan sebagai sentra jagung di Provinsi Sumsel,” kata Brigjen TNI Naudi.

Usai panen ini nantinya lanjut Danrem, akan dilakukan penanaman jagung kembali yang dibina oleh Kodim 0403 OKU dan dilakukan oleh masyarakat serta PT Mitra tanam sejahtera dengan sistem pola tanam yang diyakini bisa meningkatkan hasil panen hingga 70%.

“Kalau panen jagung saja itu sudah biasa tapi kalau bisa meningkatkan hasil panen itu baru luar biasa, saya harap kegiatan ini tidak hanya sekedar ceremoni saja tapi berkelanjutan,” tandasnya.

Sementara itu Dandim 0403 OKU, Letkol Inf Ferizal R S.I.P menerangkan secara demografi wilayah OKU Selatan merupakan daerah pertanian Karet, sawit dan jagung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com