Honda

8 Rekomendasi Wisata Pantai Untuk Liburan Akhir Tahun di Bengkulu

8 Rekomendasi Wisata Pantai Untuk Liburan Akhir Tahun di Bengkulu

Pantai Suci, salah satu Rekomendasi Wisata Pantai Untuk Liburan Akhir Tahun di Bengkulu-Foto: Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di barat daya pulau Sumatera yang dikenal akan wisata alam dan banyak memiliki tempat wisata Pantai yang cantik, eksotis dan menakjubkan.

Hal ini didukung dengan adanya alam yang indah yang dimiliki oleh daerah ini, untuk itulah sangat cocok untuk dijadikan rekomendasi liburan di akhir tahun.

Nah, bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu untuk berlibur di Provinsi Bengkulu, berikut 8 rekomendasi wisata pantai yang bisa Anda Kunjungi

Seperti diketahui, pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, maupun sahabat, karean berwisata di pantai akan memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan menyenangkan dengan pemandangan yang menakjubkan.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Pagaralam, Cocok untuk Berlibur di Akhir Tahun

Oleh sebab itulah, wisata di pantai banyak disukai, selain bisa bermain air pengunjung juga bisa berenang atapun hanya sekedar berfoto dengan latar belakang laut sehingga dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung.

So, bagi yang ingin berwisata di Bengkulu, berikut 8 rekomendasi wisata pantai untuk Anda kunjungi beserta lokasinya.

1. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah ini memiliki pasir putih yang membatasi antara pantai dengan danau alami yang ada di sebelahnya. Pemandangan menakjubkan ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih mengesankan.

Untuk memasuki kawasan wisata ini para pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp10.000, yang lokasinya berada di Kabupaten Bengkulu Tengah

BACA JUGA:8 Wisata Alam Sumsel, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Keunikan yang ada di Pantai Padang Betuah yaitu adanya celah-celah yang ada di karang-karang yang dikarenakan abrasi secara kontinu. Selain itu, para wisatawan juga diperkenankan untuk memancing di kawasan wisata Pantai Padang Betuah ini.

Yang tidak kalah menarik yaitu sumur yang memiliki kedalaman 20 m dan juga diameternya yang berukuran 90 m sehingga menjadi spot menarik yang berada di pantai tersebut.

Sumur ini berbentuk menyerupai suatu terowongan yang mengalir ke Pantai Padang Betuah dengan 50 m panjangnya.

Sehingga Anda akan menjumpai suatu pemandangan eksotis yaitu adanya air masuk melalui dinding-dinding sumur tersebut dan juga menyembur secara berkala.

BACA JUGA:4 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Populer di Palembang

2. Pantai Lentera Merah

Pantai Lentera Merah merupakan salah satu pantai yang berada di Kota Bengkulu. Pantai ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikannya yaitu adanya Lentera Merah yang bertujuan untuk penuntun kapal barang dan nelayan yang melintasi pantai tersebut.

Lentera Merah tersebut merupakan suatu menara suar yang berwarna merah lengkap dengan lampu suar yang memiliki cahaya warna merah.

Bagi para wisatawan yang berkunjung adanya menara suar ini menjadi suatu daya tarik atau spot foto yang sangat instagramable.

Cukup dengan Rp5.000 Anda sudah dapat memasuki pantai Lentera Merah ini.

BACA JUGA: Kamu Bosan, Cobalah Berlibur Ke Wisata Kebun Teh Gunung Dempo

3. Pantai Suci

Jika Anda pernah berkunjung ke Pantai Lot yang ada di Bali, pantai Suci ini seperti kembaran dari pantai Lot tersebut.

Yang membedakannya yaitu adanya suatu jembatan gantung kembar. Jembatan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat yang digunakan oleh masyarakat untuk menyebrangi sisi lain dari pantai ini.

Panjangnya yaitu mencapai 10 m. Bagi para wisatawan untuk dapat menyeberangi jembatan Kembar ini akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000/orangnya.

Jembatan gantung kembar ini bisa dilalui mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

BACA JUGA:6 Tempat Wisata Direkomendasikan untuk Liburan Akhir Tahun di Banyuasin

4. Pantai Munula

Pantai yang selanjutnya yaitu Pantai Manula yang terletak di Kabupaten Kaur yang dibuka selama 24 jam setiap harinya.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di Provinsi Bengkulu yang masih terjaga keasliannya.

Pantai ini memiliki begitu banyak tebing-tebing tinggi yang langsung menghadap ke ke Samudra Hindia. Yang jika dilihat sekilas mirip dengan pantai yang ada di Bali.

Keunikan yang ada dalam pantai ini yaitu di tengah tebing ada sebuah rongga yang mempercantik keindahan pantai. Selain itu ada juga tebing yang menjorok ke pantai atau bisa dikatakan juga dengan tebing yang terpisah oleh daratan yang mirip dengan yang ada di Tanah Lot di Bali.

BACA JUGA:8 Pesona Air Terjun Terpopuler dan Instagramable di Lahat

4. Pantai Pasar Bawah atau Pantai Duayu Sekundang

Pantai ini merupakan salah satu pantai dengan ombak menggelegar yang sangat mempesona. Tiket masuk pantai ini sekitar Rp5.000 dengan jam kunjung wisata 24 jam setiap harinya dan berlokasi di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pasar Bawah ini yaitu adanya pondok-pondok di sepanjang pinggir pantai yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk beristirahat.

Selain itu ada juga tempat makan yang menghadap ke laut memungkinkan para pengunjung bisa menikmati makanan yang lezat sembari menikmati pemandangan pantai yang indah.

BACA JUGA:Yuk Intip Pesona Air Terjun 7 Tingkat di Lahat, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

5. Pantai Aluran Pandan

Lokasinya sama dengan pantai Kaur yaitu berada di Kaur, Bengkulu dan dibuka selama 24 jam setiap hari.

Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang ada di Bengkulu yang belum banyak di jamah oleh para wisatawan, dikarenakan akses jalan menuju pantai yang belum memadai atau bisa dikatakan cukup sulit dilalui.

Terlepas dari hal tersebut, Pantai Aluran Pandan ini merupakan pantai yang masih asri dan terjaga keasliannya. Pasir pantainya yaitu pasir putih dan juga ada banyak pepohonan kelapa yang berjajar rapi di sepanjang pantai.

Bebatuan dan juga karang-karang yang ada di pantai tersebut juga masih asri dan alami. Warna air dari pantai ini yaitu hijau menandakan bahwa pantai ini memang masih sangat minim dikunjungi oleh para wisatawan.

BACA JUGA:Inilah 8 Mall Terbaik di Palembang yang Wajib dikunjungi Untuk Hangout Akhir Tahun

6. Pantai Wisata Way Hawang

Wisata yang selanjutnya yaitu Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur berlokasikan di Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Keunikan yang ada di pantai Kaur ini yaitu adanya mitos kutukan Si Pahit Lidah.

Mitos tersebut yaitu konon katanya pada dahulu kala ada sebuah perahu yang sedang berlayar. Saat berlayar perahu tersebut didatangi oleh kakek Si Pahit Lidah yaitu untuk meminta api kepada pemilik perahu.

Namun sayangnya panggilan dari kakek Si Pahit Lidah tersebut dihiraukan oleh pemilik Perahu. Karena murka kakek tersebut akhirnya mengutuk perahu menjadi batu. Kaka dengan sekejap perahu tersebut berubah menjadi batu.

BACA JUGA:Inilah 7 Tempat Wisata di Palembang yang Bisa Dikunjungi Saat Weekend

7. Pantai panjang

Pantai Panjang Bengkulu yaitu pantai yang berlokasi di Kota Bengkulu. Fasilitas yang disediakan di Pantai Panjang Bengkulu ini yaitu ada tempat makan, hotel, dan juga penginapan Sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa bermalam di pantai tersebut sembari menikmati keindahan Pantai Panjang Bengkulu.

Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang ada di Indonesia yaitu panjangnya yang mencapai 7 km.

Ombak Pantai Panjang Bengkulu ini tenang, sehingga bagi para wisatawan yang berkunjung bisa bermain air di sepanjang pinggir pantai pantai.

Panjang Bengkulu ini memiliki pasir putih yang indah dan pepohonan di sepanjang pantai. Menikmati sunset di pantai Panjang Bengkulu ini tidak kalah menarik keindahannya. Ditambah lagi dengan suasana pantai yang sangat mendukung.

BACA JUGA:Inilah 39 Wisata Edukasi di Palembang Wajib Dikunjungi Saat Libur Sekolah

8. Pantai Linau

Lokasi pantai ini berada di Kabupaten Kaur, Bengkulu. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mengunjungi wisata yang satu ini, karena tarif yang dikenakan hanya Rp5.000 saja serta dibuka selama 24 jam dari hari Senin-Minggu.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan di pantai Linau seperti rumah makan, kamar mandi, dan juga masjid. Pantai Linau ini memiliki perairan yang biru dan juga jernih dan pasir yang berwarna kecoklatan. Ombak nya sendiri yaitu sekitar 3 meteran.

Selain itu, keunikan yang ada di pantai Linau ini adalah para wisatawan dapat memancing ikan sendiri sehingga hasil pancingan tersebut bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Ciri khas dari pantai Linau yang ada di Bengkulu ini yaitu gurita kering atau yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan yang ada di situ. Yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga tercinta di rumah.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Paling Top di Sumsel Lengkap dengan Harga Tiket Masuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: