Honda

Begini Cara Mengurus SKCK di Muratara, Berikut Persyaratan dan Biayanya

Begini Cara Mengurus SKCK di Muratara, Berikut Persyaratan dan Biayanya

Ilustrasi SKCK--Istimewa/palpres.com

MURATARA, PALPRES.COM- Cara mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK di Polres Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel) cukup mudah.

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK merupakan salah satu syarat administrasi yang biasa dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

Seperti misalnya untuk melamar kerja, mendaftar CPNS, membuat visa, dan lain-lain dan SKCK berfungsi untuk menunjukkan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal.

Adapun cara mengurus SKCK di Muratara, pemohon bisa mendatangi kantor kepolisian terdekat, pemohon nantinya akan diarahkan untuk mengisi formulir yang disediakan di kantor polisi. 

BACA JUGA:Buat SKCK di Polres Ogan Ilir, Petugas Siap Lembur

Pemohon akan dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2006, bila pemohon belum memiliki kartu sidik jari, akan diarahkan untuk pengambilan sidik jari terlebih dahulu.

Untuk diketahui, Polsek tidak bisa menerbitkan SKCK untuk beberapa keperluan seperti melengkapi administrasi CPNS/PNS dan pembuatan visa.

Pembuatan SKCK untuk keperluan tersebut hanya dapat dilakukan di Polres, begitu juga bagi pemohon yang memiliki keperluan bersifat antar negara, pembuatan SKCK-nya di Polres.

Bila keperluan untuk melamar kerja di lingkungan kecamatan bisa membuat SKCK di Polsek, namun untuk ke luar daerah harus di Polres.

BACA JUGA:Polda Sumsel dan KPKNL Palembang Lelang Kendaraan Bermotor yang Tidak Layak Pakai

SKCK diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam dengan masa berlaku 6 bulan sejak diterbitka, jika sudah melewati waktu masa berlaku, SKCK dapat diperpanjang apabila dibutuhkan.

Namun, untuk membuat dan memperpanjang SKCK, pemohon harus menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratannya.

Berikut syarat pembuatan dan perpanjang SKCK baik di Polres atau Polsek di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara):

BACA JUGA: Anda Sulit Dapat Pekerjaan? Coba Amalkan Doa-doa Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com