Honda

Sukses Besar Musim 2022, Menparekraf Sandiaga Ajak Wisatawan Nonton dan Meriahkan WSBK 2023

Sukses Besar Musim 2022, Menparekraf Sandiaga Ajak Wisatawan Nonton dan Meriahkan WSBK 2023

Menparekraf Sandiaga di acara peluncuran WSBK 2023 di Hard Rock Cafe, Jakarta.--Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf

JAKARTA, PALPRES.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan balap motor internasional, World Superbike (WSBK) Indonesian Round 2023. 

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga mengajak masyarakat dan wisatawan untuk kembali menonton dan memeriahkan ajang balap motor internasional itu.

Menurut Sandiaga, ajang balap motor internasional itu memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika.

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa menyambut penyelenggaraan World Superbike 2023 yang rencananya akan berlangsung pada 3 hingga 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB)," kata Menparekraf Sandiaga di acara peluncuran WSBK 2023 di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023. 

BACA JUGA:Mengejutkan, Menparekraf Sandiaga Beri Penghargaan Khusus untuk Sineas Muda Asal Maluku Tengah Ini

Pada penyelenggaraan musim 2022 lalu, jumlah penonton yang menyaksikan langsung di Sirkuit Mandalika berhasil menembus rekor tertinggi dalam sejarah penyelenggaraan World Superbike di berbagai negara. 

Jumlah penonton saat itu mencapai 51.629 orang sehingga memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat. 

Tingkat okupansi hotel meningkat rata-rata hampir mencapai 100 persen dan menyerap 6.900 tenaga kerja. 

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Tengah meningkat hingga mencapai Rp 300 miliar. 

BACA JUGA:3 Daftar Pinjol Legal Resmi OJK Langsung Cair Bunga Rendah

"(Penjualan) produk-produk ekonomi kreatif kita juga meningkat sehingga juga mendongkrak peningkatan citra pariwisata Indonesia, jadi saya titip agar booth Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kita kembali dihadirkan,” imbuh Sandiaga. 

Dia juga minta Festival kuliner dan musik dihadirkan kembali karena aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok dan NTB sangat terbantu dengan WSBK. 

Sandiaga dalam kesempatan itu juga mengajak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika untuk meningkatkan investasi di segi infrastruktur dan akomodasi.

"Dengan event yang terus bergulir apalagi tadi cerita mengenai formula 2 dan ada beberapa kegiatan lomba balap mobil, ini juga akan meningkat kebutuhan jumlah hotel di sana selain jumlah homestay di sana yang sudah lebih dari 1.000 unit yang dibangun pemerintah dan mitra," kata Sandiaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: biro komunikasi kemenparekraf/baparekraf