Honda

Rekomendasi 7 Air Terjun Paling Indah di Sekitar Palembang yang Wajib Dijelajahi

Rekomendasi 7 Air Terjun Paling Indah di Sekitar Palembang yang Wajib Dijelajahi

Rekomendasi 7 Air Terjun Paling Indah di Sekitar Palembang yang Wajib Dijelajahi--doc palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Artikel ini memuat rekomendasi 7 air terjun paling indah di sekitar Kota Palembang Sumatera Selatan yang wajib untuk dijelajahi.

Selain segar, destinasi wisata air terjun juga menyuguhkan pemandangan yang indah serta perjalanan yang menantang.

Walaupun dalam perjalanan yang menguji adrenalin, namun ketika sampai di tempat wisata air terjun semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang menyegarkan.

Nah buat kamu yang ingin merelaksasikan tubuh dan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari, sekitar Kota Palembang bisa menjadi solusi yang bisa kamu datangi.

BACA JUGA:KEREN, Air Terjun Ugul Kecik Wakili Kabupaten Lahat Lomba Desa Wisata

Selain terkenal dengan sejarah dan makanan khasnya pempek, Kota Palembang, Sumatera Selatan juga memiliki potensi keindahan alam yang menawan, salah satunya air terjun yang berada di sejumlah daerah Sumsel.

Deretan air terjun indah dan menawan ini menjadi salah satu daya tarik bagi pariwisata di Sumatera Selatan.

Dimana setiap air terjun ini memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut 7 rekomendasi air terjun paling indah di sekitar Palembang yang wajib untuk dijelajahi yang dikutip Palpres.com dari andalastourism.com.

BACA JUGA:Wisatawan Asing Dari 3 Negara Kunjungi Candi Bumi Ayu di Kabupaten PALI, Cek Kebenarannya

1. Air Terjun Temam

Air Terjun Temam Lubuklinggau merupakan salah satu daya tarik wisata alam dan surga tersembunyi di Sumatera Selatan yang biasa disebut dengan miniatur air terjun Niagara yang terkenal di Kanada.

Dimana air terjun yang indah ini bisa dilihat dari berbagai penjuru dengan ketinggian 12 meter dan lebar sekitar 25 meter yang dikelilingi oleh batu-batuan alam dan membentang satu satu sisi ke sisi lain sehingga menjadikan wisata ini terlihat sangat gagah.

Saat ini Air Terjun Temam telah dilengkapi fasilitas Waterpark yang sangat menarik bagi pengunjung yang datang untuk berekreasi air dengan keluarga. Sehingga menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang terletak di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:WAJIB TAHU, Ini Lho Wisata Air Terjun di Musirawas, Curug Tinggi Surga Tersembunyi di Desa Taba Remanik

Nah, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata Air Terjun Temam ini hanya membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Lubuklinggau dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat melalui dua jalan masuk alternatif yaitu jalan masuk ke arah Kelurahan Rahma dengan kondisi jalan penghubung yang cukup baik.

Saat kamu tiba di area Air Terjun Temam, kamu akan melihat penataan lokasi yang bersih dan tertata dengan baik. Saatnya untuk kamu menyusuri jalan setapak dengan menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 100 anak tangga.

Namun, trekking yang akan kamu lalui tidak seperti lokasi air terjun pada umumnya, untuk mencapai kesini kamu tidak perlu bersusah payah.

Kamu hanya akan diajak untuk menyusuri sebuah taman yang dikelilingi pepohonan yang rindang serta suara deburan Air Terjun Temam sudah dapat kamu dengar ketika menyusuri jalan setapak dan pastinya suara tersebut bisa membuat kamu tenang.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata di Sumedang Dekat Jalan Tol Cisumdawu, Nomor 5 Paling Favorit!

Air Terjun Temam merupakan aliran dari Sungai Temam, itulah mengapa dinamakan demikian. Air terjun Temam mulai dikenalkan oleh orang-orang Belanda pada tahun 1920 silam, karena lokasi tersebut merupakan lokasi tempat berliburnya mereka pada saat itu.

Oleh sebab itulah, jika kamu mencari wisata alam di Lubuklinggau, Air Terjun Temam sangat cocok untuk kamu kunjungi dan nikmati bersama keluarga, sahabat maupun orang terkasih.

2. Air Terjun Embun

Cughup embun jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Pagaralam. Cughup ini punya kondisi lingkungan yang segar karena memang lokasinya yang berada di Kaki Gunung Dempo. Air yang mengalir di Cughup ini adalah aliran dari Curup Mangkok yang lokasinya sulit untuk dicapai.

BACA JUGA:Keren! Ada Jembatan Ampera di Agrowisata Tanjung Sakti Kabupaten Lahat

Air terjun indah ini punya karakteristik aliran Curup yang sempit dan juga tinggi hal ini memberikan deburan air yang jatuh suaranya semakin bergemuruh.

Namun tidak perlu khawatir karena wisatawan relatif aman untuk mandi di curug cantik ini. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 100 meter.

Dibagian bawah air terjun ada sebuah kolam yang biasa dipakai oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu selama berada disini. Selain keindahan air terjun wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah dari perkebunan teh dan rimbunya pepohonan yang ada di sekitar kawasan air terjun. Kondisi alamnya masih sangat asri.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Embun seperti foto selfie, swafoto, hunting foto, main air, berenang, berendam dan bersantai.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi air terjun ini berada di Demio Makmur, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga Di Sumedang Yang Wajib Dikunjungi!

3. Air Terjun Panjang

Air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Panjang yang mempunyai ketinggian 60 meter. Daya tarik dari air terjun ini adalah pepohonannya yang rimbun menyelimuti area air terjun.

Selain mendapati keindahan air terjun disini pengunjung juga bisa melihat aneka hewan langka dari Sumatera Selatan seperti Kalong, Tapir, Siamang, Burung Enggang dan masih banyak lagi.

Air terjun yang terletak di Pulau Pinang, Kabupaten Lahat ini memang terkenal dengan hutannya yang dipenuhi dengan fauna. Aliran air terjun yang jatuh membentuk kolam yang kemudian airnya mengalir kembali ke sungai kecil di bawahnya. Sungai disini memiliki arus yang cukup deras dan dalam. Airnya berwarna hijau tosca serta punya warna tanah liat di bagian pinggirnya.

BACA JUGA:Siap-Siap Indonesia Kebanjiran Wisatawan Mancanegara, airasia Super App Gandeng Archipelago International

Wisatawan bebas bermain air disana dari mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Pastikan membawa pakaian ganti ketika berlibur ke air terjun panjang karena cipratan air terjun yang cukup deras sampai ke pinggiran kolam.

4. Air Terjun Maung

Air terjun Maung merupakan salah satu air terjun terbaik di wilayah Trans SP II Padang Muaradua Kec Gumay Ulu Kota Pagar Alam. Tinggi Air Terjun Maung sekitar 80 meter. Bagian aliran air terbelah menjadi beberapa bagian yang dipisahkan dengan rerumputan hijau di dinding jurang.

Adanya dinding penuh rerumputan hijau ini yang menjadikan Air Terjun Maung beda dari yang lain. Aliran airnya deras dan juga tinggi. Untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Maung ini wisatawan perlu melakukan perjalanan tracking dengan kondisi medan jalan yang cukup curam namun tenang karena lelahnya perjalanan akan terbayar dengan keindahan alamnya.

BACA JUGA:3 Objek Wisata Paling Hits di Yogyakarta, Salah satunya di Grojogan Sleman

Kegiatan menarik selama di Air Terjun Maung yaitu berfoto, mandi dan main air. Wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Maung dari pagi hari jam 7 sampai sore hari jam 6. Air terjun cantik ini belum tersedia fasilitas seperti warung makan sehingga pengujung sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri.

5. Air Terjun Lematang

Air Terjun Lematang yaitu air terjun yang rekomen dikunjungi terutama bagi wisatawan yang punya jiwa petualangan tinggi. Sebelum sampai ke lokasi air terjun terlebih dahulu pengunjung harus tracking melewati anak tangga turun yang cukup menguras tenaga.

Setelah sampai di pinggir sungai pengunjung bisa melihat Air Terjun Lematang yang letaknya berada di tebing. Ketinggian air terjun ini 40 meter dengan arus air yang sangat deras setiap waktunya. Tidak ada kolam dibawah air terjun karena airnya langsung menyatu dengan aliran sungai yang ada dibawahnya.

BACA JUGA:10 Destinasi Wisata Menarik di Kabupaten OKU, Nomor 9 Mirip 'Lembah Akhir' Serial Naruto

Setiap musim liburan air terjun cantik ini selalu ramai dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Meskipun tidak bisa merasakan mandi dibawah guyuran air terjun namun pengunjung cukup puas bisa merasakan kesegaran aliran airnya di sungai.

Banyak pula pengunjung yang datang kesini untuk sekedar mengabadikan momen liburan bersama dengan teman dan keluarga tercinta. Kegiatan menarik untuk dilakukan ada berenang, arum jeram di sungai, hunting foto, camping dan masih banyak lagi. Air terjun ini terletak di daerah Prahu Dipo, Dempo Selatan, Kota PagarAlam.

6. Air Terjun Bidadari

Nama lain dari Air Terjun Bidadari adalah Air Terjun Ayek Asam. Air terjun terkenal di Palembang ini aliran airnya akan bermuara di Sungai Lematang. Ketinggiannya sampai 30 meter dengan lebar bagian atas 10 meter dan lebar bagian bawah 15 meter. Dinamakan Bidadari karena konon dulu air terjun ini merupakan tempat mandinya para bidadari.

BACA JUGA:Kenalin Yuk, Apa Saja Destinasi Wisata yang Ada di Kabupaten OKU

Selain Air Terjun Bidadari di sekitarnya ada air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan Air Terjun Naga. Pada Air Terjun Bidadari terdapat sebuah kolam yang bisa dipakai pengunjung untuk berenang.

Ada pula batu koral cantik yang tersusun secara alami. Ketiga air terjun yang berdekatan dengan Air Terjun Bidadari lokasinya ada aliran bawah air terjun, yang penasaran dengan keindahan tiga air terjun lainnya bisa juga mampir. Ketiga air terjun ini punya ketinggian dan lebar yang berbeda.

Air Terjun Bujang Gadis punya ketinggian 4 meter berada 30 meter dari Air Terjun Bidadari. Air Terjun Sumbing punya ketinggian 80 meter jaraknya dengan Air Terjun Bujang Gadis sejauh 35 meter. Ketiga ada Air Terjun Naga punya ketinggian 10 meter, jaraknya dengan air Terjun sumbing yaitu 50 meter.

Suara dari air terjun bidadari mampu mengalihkan indra pendengaran karena sangat indah dan mampu menyejukkan hati. Tempat ini mampu menjadi destinasi liburan yang memberikan ketenangan bagi pengunjung yang datang. Waktu terbaik untuk berkunjung disaat musim panas karena ketika musim hujan tempat ini akan tertutup dengan kabut. Destinasi ini terletak di Jalan Letnan Alamsyah Karang Dalam, Pulau Pinang Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:Lokasi Wisata di Kota Pagaralam Dipenuhi Sampah Usai Libur Imlek, ini Buktinya

7. Air Terjun Tujuh Kenangan

Air terjun selanjutnya adalah Air Terjun Tujuh Kenangan yang tidak kalah indah. Daya tarik dari air terjun ini adalah adanya kolam yang jernih dan perosotan yang terbuat dari bebatuan alamnya, perosotan ini tidak pernah kering karena selalu dialiri air alami.

Disebut dengan Nama Air Terjun Tujuh Kenangan karena air terjun ini punya keindahan mempesona sehingga akan sulit dilupakan dan selalu dikenang oleh siapa saja yang sudah mengunjunginya. Terutama pada aliran air di bebatuan perosotannya yang unik.

Di Air Terjun Tujuh Kenangan ini pengunjung bisa melihat keindahan kupu-kupu berwarna kuning. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 500 meter dari pintu masuk. Jalur yang dilewati berupa area kebun kopi yang punya pemandangan hijau asri.

BACA JUGA:Yuk ke Destinasi Wisata Gua Ngapalin Muratara, Ada Wahana Baru Loh!

Air terjun ini terletak di Desa Talang, Kec Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

Itulah rekomendasi air terjun cantik yang lokasinya ada di Sumatera Selatan lebih tepatnya daerah sekitar Palembang. Jika ingin mengunjungi air terjun pastikan datang disaat cuaca sedang bersahabat supaya keindahan air terjun bisa dinikmati secara optimal.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: