Ragam Laquer Punya Filosofi, Begini Penjelasan Budayawan Sumsel

Rabu 20-07-2022,21:56 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Trisno Rusli

BACA JUGA:Laquer Masuk Warisan Budaya Nasional, Apa Itu Laquer?

"Qilin merupakan lambang kedamaian dan kemakmuran serta dipercaya sebagai hewan suci pelindung anak, pelindung negeri dari bencana," katanya.

3. Ragam Hias Burung Hong

Burung hong memiliki tubuh dan jambul yang indah dengan bulu warna-warni. Burung ini merupakan gabungan berbagai karakteristik burung.

"Yang jantan disebut Feng, dan yang betina disebut Huang. Fenghuang melambangkan keberuntungan dan kedamaian," terangnya.

BACA JUGA:Sultan Fauwaz Apresiasi TUW Lestarikan Nasi Minyak

Dalam budaya Hokian, hiasan kepala mempelai wanita harus dihiasi ornamen burung hong sebagai simbol kebahagiaan dan keberuntungan.

"Burung hong sering divisualkan bersama hewan simbol keberuntungan lainnya yaitu naga. Sebagai simbol pasangan yang mesra suami istri," katanya.

4. Ragam Hias Kura-kura

Kura-kura adalah hewan yang berumur panjang dan merupakan hewan berumur terpanjang di muka bumi

BACA JUGA:Telisik Jejak Ritual Agama di Masa Prasejarah

"Kura-kura merupakan simbol kesehatan dan umur panjang. Kura-kura memiliki kemampuan untuk meramal masa depan," jelasnya.

Dalam tradisi pengobatan kuno menggunakan tempurung kura-kura sebagai media ramalan sebelum melakukan sebuah upacara life cycle. "Kura-kura pernah menerima penghormatan yang besar di dalam sejarah dinasti di Tiongkok," jelasnya.

5. Ragam Hias Flora

Mirza menjelaskan bunga mawar simbol cinta kasih penguasa kepada rakyatnya atau cinta kasih sesama. Sementara bunga teratai atau padma atau lotus menjadi simbol kesuburan, kehidupan, kemakmuran, simbol penyembuhan.

BACA JUGA:Museum dr AK Gani Terima Penghargaan Kategori Pelestarian Naskah Arsip Bersejarah

Kategori :