IKA FP Universitas Palembang Diminta Edukasi Masyarakat terkait Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

Kamis 06-10-2022,23:25 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Iqbal DJ

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA FP) Universitas Palembang (Unpal) diminta membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat agar dapat menerapkan hidup mandiri pangan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ir Agus Darwa MSi saat menjadi narasumber Focus Group Discusion (FGD) IKA FP Unpal dengan tema "Kiprah Alumni Fakultas Pertanian Universitas Palembang dalam Mensukseskan Gerakan Sumatera Selatan Mandiri Pangan", Kamis, 6 Oktober 2022. 

“Sumsel Mandiri Pangan ini salah satu pemikiran Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam mensejahterakan masyarakat. Untuk itulah saya minta kepada alumni FP Unpal untuk membantu masyarakat merubah pola pikir mereka yang awalnya konsumtif menjadi produktif, dan bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidup sendiri,” jelas Agus.

Dia menjelaskan, hal tersebut sangat penting dilakukan guna membangun karakter masyarakat karena pangan merupakan kebutuhan dasar persyaratan dalam mempertahankan hidup.

“Salah satu contohnya dapat menanam tanaman seperti cabai, tomat dan sayuran di pekarangan rumah. Setelah itu, mengajak warga sekitar rumah untuk ikut menanam di halaman pekarangan. Sehingga nanti bisa barter bersama dengan warga lainnya atau dijual,” tutur Agus.

Agus juga mengapresiasi IKA FP Unpal karena sudah menggaungkan dan mempelopori mandiri pangan kepada masyarakat. Dia berharap melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencapai masyarakat yang maju dan sejahtera.

“Kita berharap angka stunting dapat semakin menurun. Saatnya kita action bukan hanya sosialisasi saja. Makanya kita berharap kepada alumni dan mahasiswa dapat mensukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan,” tukasnya.

Dalam paparannya Dekan Fakultas Pertanian Ir Gamal Abd Nasser MSi mengharapkan kiprah alumni dapat terciptanya ketahanan pangan yang merupakan syarat strategis bagi suksesnya pembangunan ekonomi dan sosial. 

“Oleh karena itu posisi sektor pertanian menjadi sangat strategis dalam struktur perekonomian Indonesia sehingga dapat dikatakan bahwa pertanian ibu dari segala sektor,” tegasnya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Palembang Zulkifli S Mukti SH MH mendorong para IKA FP untuk ikut dapat berperan lebih baik dalam mendukung dan menyukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

“Kita akan menfasilitasi mahasiswa dan para alumni untuk menjadi masyarakat yang mandiri. Apalagi nanti akan ada pengabdian kepada masyarakat berupa KKN (Kuliah Kerja Nyata). Di sinilah para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkannya di bangku kuliah kemudian diterapkan kepada masyarakat,” jelasnya. 

Dalam mengaplikasikannya, Zulkifli menyampaikan akan melibatkan semua pihak terkait. “Apalagi tadi ada Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan sehingga diharapkan bisa kompak dan saling mendukung,” ucapnya. 

Di tempat yang sama Ketua Alumni Fakultas Pertanian Unpal Ahdiat Soenaryo SP MM mengaku dalam waktu dekat akan menggiatkan masyarakat Talang Jambe dalam menyukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

“Kita akan melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan mandiri pangan. Sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat disana untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dengan melibatkan mahasiswa dan para alumni,” terangnya. (*)

Kategori :