Berikut ini 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM dalam Bisnis

Jumat 18-11-2022,09:00 WIB
Editor : Iqbal DJ

Jenis bonus atau hadiah yang paling sesuai dengan pelanggan bisa diketahui perusahaan dengan mudah ketika menggunakan aplikasi CRM.

4. Pengembangan Pelanggan

Tahap terakhir adalah pengembangan pelanggan. Jadi ketika pelanggan tadi sudah loyal dengan terus membeli produk perusahaan dalam waktu lama, maka hal ini menandakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang didapat. 

Ketika sudah mencapai titik ini, maka perusahaan bisa mengembangkan pelanggan menjadi mitra untuk membantu memasarkan produk, yang dalam hal ini diimbangi dengan pemberian insentif atau gift.

Tujuan Menggunakan Aplikasi CRM 

Menurut beberapa daftar fungsi di atas, dapat dikatakan bahwa tujuan dari menggunakan aplikasi Customer Relationship Management adalah untuk membantu bisnis mengetahui sebanyak mungkin informasi terkait pelanggan seperti perilaku dan kebutuhan pelanggan. 

Informasi atau data ini selanjutnya akan digunakan oleh bisnis untuk menentukan jenis layanan yang paling tepat dan secara optimal kepada para pelanggan, dengan tujuan agar hubungan baik yang selama ini sudah terjalin antara pebisnis dan pelanggan akan semakin loyal. 

Sangat penting bagi setiap bisnis untuk menjaga hubungan baik ini karena salah satu kunci sukses dari bisnis memang tergantung pada seberapa mampu bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Manfaat Aplikasi CRM dalam Bisnis 

Dalam dunia bisnis aplikasi CRM berguna bagi perusahaan dalam banyak hal diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memotong Pengeluaran

Perusahaan yang menggunakan CRM software dapat secara otomatis memotong pengeluaran dalam hal pemasaran karena setiap produk, baik barang ataupun jasa, yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut masing-masing sudah menemukan pangsa pasarnya. 

Hal ini karena semua data yang berhubungan dengan pelanggan sudah dimiliki oleh perusahaan berkat CRM software tadi, sehingga perusahaan tidak perlu lagi melakukan survey pasar namun tinggal mengelola saja data pelanggan yang sudah ada untuk selanjutnya dipilihkan jenis pemasaran yang paling tepat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa selain memotong pengeluaran, menggunakan aplikasi CRM juga dapat memangkas waktu, tenaga, dan juga pikiran dari para pegawai perusahaan sehingga dapat dialihkan ke hal atau tugas lain yang lebih penting.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

Berbagai informasi atau data pelanggan yang telah dimiliki perusahaan lewat penggunaan aplikasi CRM tadi termasuk data seperti alamat email, nama akun media sosial, nomor telepon dan sebagainya akan membuat perusahaan lebih mudah dalam memahami para pelanggan. 

Kategori :