Berikut ini 5 Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM dalam Bisnis

Jumat 18-11-2022,09:00 WIB
Editor : Iqbal DJ

1. Pelanggan Sering Tidak Puas

Jika pelanggan sering mengajukan keluhan, komplain, dan secara keseluruhan mengacu pada ketidakpuasan, baik dari segi produk atau pun layanan, maka inilah saatnya untuk mengganti perangkat lunak lama dengan yang aplikasi CRM. 

Kondisi ini biasanya dipicu oleh menyebarnya informasi atau data pelanggan yang membuat bisnis lebih sulit dalam mempersonalisasi interaksi dengan pelanggan dan menemukan pola pelanggan. 

Selanjutnya hal ini berakhir dengan bisnis memperlakukan semua pelanggan dengan cara yang sama padahal masing-masing pelanggan itu berbeda. Ketidakpuasan pelanggan ini menempatkan resiko untuk pelanggan berpindah ke pesaing karena ingin mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

2. Kurang Sentralisasi

Sebuah bisnis yang masih menggunakan lembar excel sebagai tempat untuk menyimpan data-data pelanggan akan merasa kesulitan dalam membuat keputusan penting karena data pelanggan tidak dipersonalisasi dengan baik dan belum dikelompokkan.

Meski terlihat sepele namun di situasi tertentu perusahaan akan membutuhkan waktu lama dalam menyusun data-data ini secara manual serta memahaminya sebagai pertimbangkan dalam mengambil keputusan.

3. Gagal Komunikasi

Sebuah bisnis terbagi menjadi beberapa tim yang selanjutnya masih dibagi-bagi lagi menjadi tim yang lebih kecil dan masing-masing memiliki tugas yang berbeda. Namun secara keseluruhan, semua tim tersebut merupakan satu kesatuan yang membutuhkan komunikasi bagus saat melakukan kerja sama. 

Jika arus informasi kurang, misalnya terkait data pelanggan apalagi dengan jumlah yang sangat banyak, maka kegagalan komunikasi yang mungkin cukup kecil bisa saja berakibat besar pada perusahaan.

Contoh Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis

Ada banyak pilihan perangkat lunak CRM yang bisa dipilih mulai dari aplikasi CRM gratis hingga yang berbayar. Jika belum menemukan satu pilihan yang tepat, maka salah satu opsi terbaik yang bisa dipertimbangkan adalah Qontak by Mekari. 

Aplikasi CRM Omnichannel ini dapat mengotomatiskan pelayanan pelanggan dan penjualan bisnis dengan berbasis cloud. Beberapa fitur aplikasi CRM ini adalah sebagai berikut:

● Mekari Qontak hadir dengan tampilan database 360 derajat yang membuat bisnis lebih mudah dalam mendapatkan detail pelanggan, status penawaran, history percakapan CS perusahaan dengan pelanggan, dan juga titik kontak pelanggan dengan perusahaan.

● Perusahaan bisa memonitor aktivitas tim di lapangan secara real-time karena aplikasi CRM dari Mekari dilengkapi dengan fitur lacak dan melihat pencapaian tim lapangan dengan GPS live tracking, sehingga tugas untuk monitor pekerjaan tim menjadi lebih efektif.

● Fitur lain yang dijamin super bermanfaat adalah pengaturan hirarki akses database. Fitur ini membuat perusahaan dapat mengkategorikan database per tim berdasarkan peran untuk mengelola dan melindungi data pelanggan.

Kategori :