Resmi Beroperasi! Begini Fakta SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan, Denyut Ekonomi Lampung

Senin 17-07-2023,15:17 WIB
Reporter : Trisno Rusli
Editor : Trisno Rusli

LAMPUNG, PALPRES.COM - Saluran Udara Tegangan Tinggi atau SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan dan GI 150 kV Gedong Tataan.

Pengoperasian SUTT ini ditandai dengan pemberian tegangan listrik untuk pertama kali (energize) dengan aman jaringan listrik melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV).

Jaringan listrik ini menyambungkan antara kedua kabupaten Pringsewu dan Pesawaran yang berada di Lampung.

Beroperasinya SUTT 150 kV Pagelaran – Gedong Tataan, berarti tiga proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang memperkuat sistem pasokan listrik ke Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Ukuran Super Gede! 5 Mobil Terbesar di Dunia, Beratnya Bak Pesawat Berpenumpang Penuh

Yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Pagelaran extension, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan dan GI 150 kV Gedong Tataan siap menyuplai tegangan listrik.

Kapasitas listrik pun sangat besar dengan 60 MVA (Mega Volt Ampere) ke dalam sistem kelistrikan Sumatera.

Hal ini menunjukkan bahwa GI secara sistem sudah dapat beroperasi untuk melayani kebutuhan listrik di Lampung.

Seperti yang diketahui, Provinsi Lampung tercatat mengalami perkembangan yang semakin pesat dengan pertumbuhan konsumsi energi listrik yang terus meningkat sebesar rata-rata 8,56 persen.

BACA JUGA:Nomor 1 Bukan Jakarta, Ini Dia Kota Terkaya di Indonesia

General Manager PLN UIP Sumbagsel, Wahidin menjelaskan pentingnya untuk segera meningkatkan pasokan dan keandalan listrik di kedua Kabupaten ini.

“Pertumbuhan listrik Pringsewu dan Pesawaran sangat pesat, Sektor pariwisata, pertanian dan perdagangan telah menjadi penyokong kebutuhan hidup masyarakat di daerah ini," tukasnya.

Pelaksanaan pemberian tegangan/energize dilakukan secara aman dan andal, dengan resminya pemberian tegangan tersebut. Keberhasilan pengoperasian ini merupakan pencapaian nyata yang memperlihatkan kesungguhan Tim PLN.

Maksimal mengupayakan hasil Konstruksi, Transmisi dan Gardu Induk tersebut dalam mewujudkan pelayanan kelistrikan yang prima.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Liburan di Kayuagung, Ada Kota Lama Hingga Rumah Limas Seratus Tiang

Kategori :