Honda

Resmi Beroperasi! Begini Fakta SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan, Denyut Ekonomi Lampung

Resmi Beroperasi! Begini Fakta SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan, Denyut Ekonomi Lampung

Resmi Beroperasi! Begini Fakta SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan, Denyut Ekonomi Lampung-Foto: TIm Humas for Palpres.com-Palpres.com

LAMPUNG, PALPRES.COM - Saluran Udara Tegangan Tinggi atau SUTT 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan dan GI 150 kV Gedong Tataan.

Pengoperasian SUTT ini ditandai dengan pemberian tegangan listrik untuk pertama kali (energize) dengan aman jaringan listrik melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV).

Jaringan listrik ini menyambungkan antara kedua kabupaten Pringsewu dan Pesawaran yang berada di Lampung.

Beroperasinya SUTT 150 kV Pagelaran – Gedong Tataan, berarti tiga proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang memperkuat sistem pasokan listrik ke Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Ukuran Super Gede! 5 Mobil Terbesar di Dunia, Beratnya Bak Pesawat Berpenumpang Penuh

Yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Pagelaran extension, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan dan GI 150 kV Gedong Tataan siap menyuplai tegangan listrik.

Kapasitas listrik pun sangat besar dengan 60 MVA (Mega Volt Ampere) ke dalam sistem kelistrikan Sumatera.

Hal ini menunjukkan bahwa GI secara sistem sudah dapat beroperasi untuk melayani kebutuhan listrik di Lampung.

Seperti yang diketahui, Provinsi Lampung tercatat mengalami perkembangan yang semakin pesat dengan pertumbuhan konsumsi energi listrik yang terus meningkat sebesar rata-rata 8,56 persen.

BACA JUGA:Nomor 1 Bukan Jakarta, Ini Dia Kota Terkaya di Indonesia

General Manager PLN UIP Sumbagsel, Wahidin menjelaskan pentingnya untuk segera meningkatkan pasokan dan keandalan listrik di kedua Kabupaten ini.

“Pertumbuhan listrik Pringsewu dan Pesawaran sangat pesat, Sektor pariwisata, pertanian dan perdagangan telah menjadi penyokong kebutuhan hidup masyarakat di daerah ini," tukasnya.

Pelaksanaan pemberian tegangan/energize dilakukan secara aman dan andal, dengan resminya pemberian tegangan tersebut. Keberhasilan pengoperasian ini merupakan pencapaian nyata yang memperlihatkan kesungguhan Tim PLN.

Maksimal mengupayakan hasil Konstruksi, Transmisi dan Gardu Induk tersebut dalam mewujudkan pelayanan kelistrikan yang prima.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Liburan di Kayuagung, Ada Kota Lama Hingga Rumah Limas Seratus Tiang

Saat ini keandalan sistem ketenagalistrikan dan kapasitas transmisi Lampung dapat lebih optimal dan semakin andal.

Karena sudah terhubung kedalam sistem kelistrikan Lampung untuk memasok langsung ke pusat beban yang merupakan salah satu backbone pada Interkoneksi Tol Listrik di Pulau Sumatera.

Beroperasinya Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan sepanjang 40 Kilometer Sirkit (KMS).

Maka kapasitas daya listrik GI Gedong Tataan sebesar 60 Mega Volt Ampere (MVA) dapat disalurkan secara optimal.

BACA JUGA:Ternyata 7 Kota di Indonesia Ini Dijuluki Kota Termistis, Ada Kotamu?

Memacu denyut nadi pertumbuhan ekonomi. Pasokan listrik yang kuat dan andal tentunya akan merangsang tumbuhnya potensi baru.

Selain itu mendorong geliat laju perekonomian masyarakat. Selain itu, keandalan pasokan listrik juga akan berdampak pada daerah tersebut untuk meningkatkan daya saing dalam menggaet investor.

Wahidin turut menegaskan bahwa suksesnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini tentunya tidak luput dari perhatian dan dukungan dari Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Instansi dan Lembaga Pemerintahan dan seluruh masyarakat atas seluruh perhatian dan dukungannya. Sehingga pembangunan GI 150 kV Gedong Tataan beserta jaringan transmisinya dapat terlaksana dan beroperasi dengan baik untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat Lampung," ungkap Wahidin.

BACA JUGA:Surga Tersembunyi di Ogan Komering Ilir, Jaraknya Hanya 6 Jam dari Palembang

Dirinya turut menjelaskan, bahwa pengerjaan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Pagelaran-Gedong Tataan ini dilakukan dengan mengedepankan prinsip K3. Sehingga berhasil diselesaikan dengan zero accident.

Selanjutnya PLN akan mengejar pengerjaan SUTT 150 kV Gedong Tataan–Teluk Ratai. Agar tahun ini dapat diberikan tegangan pertama sehingga keandalan kelistrikan nantinya semakin optimal.

“PLN sangat mendukung upaya Pemerintah Daerah (PEMDA) untuk menjadikan Lampung sebagai primadona pariwisata dengan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan," jelasnya.

Tak hanya itu, pembangunan Transmisi dan Gardu Induk tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk rumah tangga, perkantoran dan khususnya industri pariwisata di Lampung.

BACA JUGA:Berjarak 153 Km dari Palembang, Ini Dia Kota Terbersih di Sumsel Selain Palembang

Tantangan yang kita hadapi sekarang lebih kompleks.

PLN tidak hanya dituntut menyediakan layanan kelistrikan yang andal, tetapi kita juga dituntut bisa merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat.

"Dengan diresmikan insfrastruktur ketenagalistrikan ini layanan kelistrikan di sistem Lampung akan semakin andal dan kepuasan pelanggan akan semakin meningkat," pungkasnya. RIL

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: