12 Jurusan Kuliah untuk Pecinta Geografi di Kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024!

Selasa 08-08-2023,14:39 WIB
Reporter : Rida Satriani
Editor : Trisno Rusli

Jurusan Teknik Geodesi merupakan ilmu yang berfokus pada pengukuran dan pemetaan permukaan bumi serta pemodelan data geospasial untuk aplikasi dalam pemetaan, navigasi, pemetaan tanah, pengelolaan wilayah, dan pembangunan infrastruktur.

Lulusan jurusan Teknik Geodesi sangat dibutuhkan di berbagai industri seperti konstruksi, properti, tambang, dan infrastruktur.

Ada beberapa kampus terbaik versi QS WUR 2024 yang menjadi rekomendasi dengan jurusan Teknik Geodesi, yaitu ITB, UGM, dan UNDIP.

3. Teknik Geomatika

BACA JUGA:4 Jurusan Kuliah Cocok Buat Penghobi Jalan-Jalan, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Tertarik?

Jurusan Teknik Geomatika merupakan gabungan ilmu teknologi geospasial dan informatika dalam mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data spasial.

Mahasiswa mempelajari cara menggunakan data ini dalam pemetaan, pemodelan lingkungan, perencanaan kota, dan pengembangan sistem informasi geografis.

Lulusan Teknik Geomatika akan berkompetensi dalam survei, pemetaan, dan mendukung teknologi kebumian dan informasi.

Ada beberapa rekomendasi kampus terbaik versi QS WUR 2024 dengan jurusan Teknik Geomatika yaitu ITB, UGM, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

BACA JUGA:3 PTN dengan Jurusan Matematika Terbaik versi QS WUR 2023, Coba Tebak Kampus Mana?

4. SAPPK

Jika memilih menempuh jurusan SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan) di Institut Teknologi Bandung (ITB), mahasiswa akan membahas studi tentang arsitektur, perencanaan kota, dan pengembangan kebijakan.

Selain itu, mahasiswa mempelajari desain arsitektur, perencanaan perkotaan, serta analisis kebijakan dalam konteks pembangunan berkelanjutan dan lingkungan binaan.

Lulusan SAPPK ITB ini dapat bekerja di beberapa sektor, termasuk sektor pemetaan ruang, arsitektur, kewilayahan, penelitian, bahkan pendidikan.

BACA JUGA:6 Jurusan Kuliah Berdasarkan Film Indonesia, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024!

Untuk saat ini, diketahui hanya ITB sebagai kampus terbaik versi QS WUR 2024 yang memiliki jurusan SAPPK di Indonesia.

Kategori :