5 Suku Terkenal Paling Unik di Indonesia, Andalkan Alam Buat Bertahan Hidup, Penasaran?

Rabu 09-08-2023,04:55 WIB
Reporter : Ismail Pratama
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG,PALPRES.COM - Indonesia sebagai negeri yang multikultural dan banyak memiliki suku dengan keunikannya tersendiri.

Seperti tradisi, orangnya, makanan, kesenian dan kehidupan bermasyarakat yang berbeda-beda.

Dengan adanya keunikan dan keberagaman itulah yang menjadikan negara satu berwarna yang dilewati garis katulistiwa.

Dilansir dari beberapa sumber berikut ini suku-suku di Indonesia yang terkenal akan keunikannya.

BACA JUGA:2 Kampus yang Miliki Jurusan Robotika Terbaik di Indonesia, Ada di TOP QS WUR 2024! Minat?

1. Suku Baduy, Banten

Banyak di antara kita sudah mengenal yang namanya suku Baduy. Kelompok etnis Sunda ini hidup bersama alam di Pegunungan Kendeng yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Ada dua bagian suku Baduy yakni Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Meskipun berasal dari suku Baduy yang sama, namun keduanya dibedakan berdasarkan aturan-aturan adat yang berlaku di suku tersebut.

Ada beberapa Suku Baduy Dalam yang dikenal kalau mereka masih sangat memanfaatkan alam sebagai kebutuhan hidup pada bagian terbesar suku ini dan cenderung mengurung diri pada dunia luar.

 

Ada sedikit perbedaan dengan suku Baduy Luar yang mana sudah sedikit mulai berbaur dengan dunia luar.

Suku Baduy Luar ini juga mengizinkan masyarakatnya untuk mengakses teknologi seperti barang elektronik, sabun dan lain sebagainya.

2. Suku Korowai, Papua Barat

Suku selanjutnya yang terkenal unik yakni Suku Korawai yang ada di Papua Barat. Suku ini juga baru saja mengenal yang namanya dengan peradaban dunia luar sejak 30 tahun yang lalu.

Suku Korowai ini memiliki tradisi dan kebudayaan yang terbilang cukup unik. Selain itu keberadaannya juga begitu sulit untuk ditemukan.

Kategori :