Sejarah HIV dan 5 Cara Pengobatannya Menurut Medis

Kamis 10-08-2023,01:01 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Sulis Utomo

Meskipun HIV tidak memiliki obat yang dapat menyembuhkan secara total, pengobatan modern yang efektif dapat mengendalikan virus dan memungkinkan penderita untuk hidup dengan kualitas hidup yang baik. 

Terapi antiretroviral (ARV) telah membantu bagi orang yang hidup dengan HIV, untuk menjaga tingkat kekebalan tubuh mereka dan menurunkan risiko penularan virus kepada orang lain.

Penting untuk diinga,t bahwa HIV dapat dicegah dengan cara menghindari perbuatan beresiko, seperti berhubungan seks tanpa pengaman dan menggunakan jarum suntik yang bersih. 

Penting juga untuk melakukan tes HIV secara teratur, terutama jika Anda berisiko tinggi atau memiliki gejala yang mencurigakan.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Motor Matic Sport, Khusus Buat Kamu yang Ingin Irit BBM

Dalam Pengobatan HIV, biasanya melibatkan penggunaan terapi antiretroviral (ARV) yang terdiri dari kombinasi obat-obatan yang dapat menghambat perkembangan virus HIV dalam tubuh. 

ARV bertujuan untuk menekan jumlah virus dalam tubuh memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan memperlambat kemajuan penyakit.

Berikut adalah beberapa strategi utama yang digunakan dalam pengobatan HIV:

1. Terapi Antiretroviral (ARV)

BACA JUGA:Warung Terpencil di Tengah Hutan Kabupaten Banjarnegara, Ternyata Buka Sampai Malam

ARV adalah pengobatan utama untuk HIV. 

Terdapat beberapa kelas obat ARV yang bekerja pada tahap perkembangan virus yang berbeda dalam tubuh. 

Biasanya kombinasi tiga atau lebih obat dari kelas yang berbeda digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan dan mengurangi risiko resistensi obat.

2. Pengobatan Profilaksis Pasca-Paparan (PEP)

BACA JUGA:Abu Jahal dan Abu Lahab, 2 Penentang Nabi yang Mati dalam Kekafiran

PEP adalah pengobatan yang diberikan kepada individu yang telah terkena risiko paparan HIV, seperti melalui hubungan seksual tanpa pengaman atau jarum suntik yang terkontaminasi. 

Kategori :