WOW! 300 Pemain Keturunan di Luar Negeri Mengantre Untuk Bela Timnas Indonesia, PSSI Pilih yang Mana?

Rabu 20-09-2023,07:01 WIB
Reporter : Citra Utama
Editor : Citra Utama

Bahkan, lewat pengumuman yang dibuat pada Rabu 6 September 2023 silam, Jay Idzes sudah berada di Indonesia dan bertemu dengan Ketua PSSI, Erick Thohir.

Berkat tangan dingin Shin Tae-yong, perpaduan pemain lokal dan naturalisasi di Timnas Indonesia mulai menunjukkan hasil. 

Tiga Timnas Indonesia yang dipegang sang pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu, Timnas U-20, U-23, dan Timnas senior, berhasil melaju putaran final Piala Asia.

Sebuah torehan sejarah. 

BACA JUGA:Shin Tae-yong Inginkan Pemain Asal Belanda Ini? Opsi Tepat Untuk Lini Serang Timnas Indonesia

Belum pernah ada sebelumnya pelatih timnas Indonesia yang melakukannya. 

Terlepas belum adanya trofi yang dipersembahkan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia selama 3 tahun masa kepelatihannya. 

Toh, kualitas permainan Timnas Indonesia yang terus meningkat dari waktu ke waktu telah mengundang atensi dari pemain keturunan di luar negeri. 

Hal yang mengejutkan, ternyata saat ini sudah ada 200 sampai 300 pemain keturunan di luar negeri yang mengantre untuk membela Timnas Indonesia. 

Demikian berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Staf Khusus Menpora urusan Diaspora, Hamdan Hamedan.

Beberapa dari mereka yang berkualitas, bisa saja memperkuat Timnas Indonesia level senior, kategori usia U-20, bahkan U-17.

Para pemain tersebut dibutuhkan oleh timnas Indonesia, selain demi mengangkat prestasi jua ada transfer ilmu kepada penggawa lokal. 

Apalagi belakangan yang dilirik adalah pemain keturunan Grade A, seperti Shayne Pattynama dan Sandy Walsh yang di timnya masing-masing di Eropa main sebagai pemain utama.

Nah, ternyata saat ini data pemain keturunan yang siap memperkuat skuat Garuda sudah cukup banyak. 

Hal itu dibeberkan Hamdan Hamedan yang memang betugas pemain berdarah Indonesia di luar negeri, bukan cuma untuk cabang sepak bola saja.

“Saya pernah terlibat membantu itu Jordi, Shayne, Sandy, memulai untuk Ivar, Rafael, dan Justin. 

Kategori :