Sementara itu, Edi Srimulyanti, Direktur Retail dan Niaga PLN, menyatakan, "Melalui kerja sama strategis ini, PLN akan mendukung XL Axiata dengan pasokan tenaga listrik untuk menara BTS XL Axiata.
Kami juga akan meningkatkan akurasi pengukuran konsumsi listrik dengan menyediakan Advance Metering Infrastructure (AMI) dan Automatic Meter Reading (AMR), sehingga XL Axiata dapat lebih mudah memantau pemakaian listrik di seluruh menara BTS XL Axiata."
Dengan 98% menara BTS XL Axiata yang sudah terkoneksi dengan infrastruktur PLN, XL Axiata telah memulai langkah-langkah transformasi menggunakan layanan prabayar meter dan memperbarui meter dengan AMI dan AMR untuk layanan pascabayar meter yang masih digunakan.
Di masa mendatang, XL Axiata berupaya untuk berkontribusi dalam akselerasi digitalisasi dan otomatisasi di PLN dengan migrasi layanan prabayar untuk sekitar 40% dari layanan pascabayar yang ada saat ini.
Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan dengan cakupan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia.
Dengan dukungan lebih dari 150 ribu BTS, sebagian besar merupakan BTS 4G, serta jaringan tulang punggung serat optik yang membentang lebih dari 159 ribu km, XL Axiata terus mendukung jaringan data yang luas di seluruh kepulauan Indonesia.*