Palembang Blackout, Rasulullah Anjurkan Bacaan Doa Ini Saat Terjadi Mati Lampu Beserta Artinya

Selasa 04-06-2024,16:03 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Heboh wilayah Sumbagsel, termasuk Palembang Blackout, Medsos pun dipenuhi dengan berbagai komentar dari warganet, tahukah kamu? Rasulullah anjurkan bacaan doa ini saat terjadi mati lampu, beserta artinya.

Apa yang anda lakukan ketika di malam hari tiba-tiba terjadi mati lampu dan keadaan seketika menjadi gelap gulita.

Mungkin sebagian dari kita ada yang seketika mengumpat di kegelapan dengan penuh kemarahan, mengeluh kesal, atau bahkan ada juga yang bersedih karena mungkin pekerjaannya terganggu hingga tertunda tak terselesaikan.

Hal ini berbeda sekali dengan sebuah kisah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud. dalam beberapa literatur hadits mursalnya yang juga termaktub dalam Kitab Tafsir Jalalain karya Syekh Jalaluddin Muhammad bin Ahmad Al mahali.

BACA JUGA:DAHSYAT! Ini 3 Keajaiban Bagi Orang yang Bangun di Waktu Subuh

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu, Ini 5 Larangan Bagi Orang Berkurban, Nomor 2 Memotong Kuku

Lantas bagaimana kisah ini?

Pada suatu malam yang syahdu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam saat itu sedang berdua dengan istrinya Sayyidah Aisyah radhiyallahu anha. 

Saat mereka berdua sedang asyik mencengkrama tiba-tiba Pelita penerang rumah sederhana namun penuh Bahagia itu padam.

Seketika keadaan berubah menjadi gelap gulita.

BACA JUGA:Ini Cara Berkurban Saat Idul Adha, Awas Jangan Salah Kaprah!

BACA JUGA:Buya Yahya Sebut Tanda Umroh dan Haji Mabrur, Awas Bisa Bikin Sombong!

Dengan tenang sang Nabi lantas berucap dengan penuh Wibawa 'Innalillahi wa inna ilaihi rojiun" (sesungguhnya kita semua adalah kepunyaan Allah dan hanya kepadanyalah kita semua kembali).

Mendengar ucapan suaminya yang demikian, Sayyidah Aisyah pun mencoba meminta penjelasan dengan berkata 'sesungguhnya yang mati ini hanyalah lampu penerangan'.

Mungkin saat itu sependek pemikiran Saidah Aisyah bahwa kalimat tarji atau bacaan Innalillahi hanya diucapkan ketika terjadi musibah yang luar biasa.

Kategori :