‘Kartu Immunity’, Aturan Baru di Sang Juara 2024, Apa Sih Itu?

Sabtu 08-06-2024,11:36 WIB
Reporter : Citra Utama
Editor : Citra Utama

Seperti diketahui, soal-soal dalam Sang Juara adalah seputar koleksi Museum Negeri Sumatera Selatan, sejarah nasional dan lokal, serta pengetahuan umum. 

Soal harus dijawab Benar atau Salah.

Aturan mainnya seperti ini.

Setiap peserta diberikan kertas warna hijau dan merah.

Kertas hijau bertuliskan benar dan contreng.

Dan kertas merah bertuliskan salah dan lambang X.

Kertas hijau dipegang di tangan kanan, sedangkan kertas merah di tangan kiri.

Setelah menjawab serangkaian pertanyaan dengan benar, 

Siti Nurindriana, si pemegang kartu immunitas, akhirnya berhasil masuk lima besar dan berhak mewakili sekolahnya di babak grand final. 

Lomba Sang Juara 2024 terdiri atas Babak Penyisihan yang dilaksanakan pada 5 sampai 15 Juni 2024 dan Babak Grand Final pada 20 Juni 2024. 

Peserta lomba berjumlah 3.000 siswa dari 31 SMA/SMK/MA di Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, dan Muara Enim.

Setiap sekolah membawa 100 peserta yang akan berkompetisi di babak penyisihan dengan sistem gugur.

Hanya yang meraih 5 besar lanjut ke Babak Grand Final.

Adapun komposisi soal, 40 persen tentang permuseuman, 30 persen soal sejarah Indonesia, dan 30 persen tentang sejarah lokal, kebudayaan, dan pengetahuan umum. 

Para Grand Finalis akan memperebutkan hadiah berupa Trophy Bergilir Gubernur Sumsel, sertifikat, cenderamata, dan uang pembinaan sebesar Rp5 juta untuk juara umum.

Kemudian trofi, sertifikat, cenderamata, dan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta untuk Juara I; Rp3 juta untuk Juara II, dan Rp2,5 juta untuk Juara III.

Kategori :