Euro 2024: Prediksi dan Preview Laga Turki vs Georgia Dua Tim yang Penuh Luka

Selasa 18-06-2024,14:42 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Hampir seluruh Negara kontestan Euro 2024 telah menjalani fase laga pertama, berikut Prediksi dan Preview Laga Grup F Turki vs Georgia yang akan digelar Malam Ini, Selasa 18 Juni 2024 pukul 23.00 WIB.

Data Statistik Turki vs Georgia

  • Turki menjadi favorit untuk memperoleh kemenangan pada laga ini, dengan 55,6% kemenangan berdasarkan simulasi pra-pertandingan dari Opta Superkomputer.

  • Ini akan menjadi debut Kejuaraan Eropa pertama bagi Georgia, setelah sebelumnya tidak pernah lolos setelah jadi negara merdeka.

  • Turki hanya memenangkan satu dari tujuh pertandingan terakhir mereka di Euro, yang dimulai sejak Euro 2008.

Sudah menunggu sangat lama sekali, namun Georgia akan memulai debutnya di Kejuaraan Euro 2024 pada hari Selasa saat mereka menghadapi Turki di Signal Iduna Park, Dortmund, sebagai laga awal fase Grup F mereka.

BACA JUGA:3 Pebalap Andalan AHRT Bersaing Ketat Rebut Podium Kelas Supersport 600 ARRC Jepang

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup D Euro 2024: Austria vs Prancis, Gol Bunuh Diri Wober Menangkan Les Bleus

Georgia akan menjadi satu-satunya negara debutan yang akan tampil di Euro 2024 (setelah Serbia sebelumnya berkompetisi sebagai Yugoslavia), lolosnya mereka ke kompetisi eropa ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.

Pernah menjadi bagian utama dari tim nasional Uni Soviet dan merupakan homebase bagi Dinamo Tbilisi, salah satu dari dua klub Soviet yang memenangkan trofi utama Eropa, Georgia banyak berjuang di panggung internasional sejak pecahnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Setelah menempati posisi ketiga dalam grup yang terdiri dari enam negara dan gagal mencapai Euro 96, prestasi terbaik Georgia dalam kampanye kualifikasi Kejuaraan Eropa adalah menempati posisi kedua dari bawah dan itu termasuk dalam proses menuju Euro 2024.

Namun, diperkenalkannya UEFA Nations League telah memberikan dampak transformasional bagi negara-negara seperti Georgia. Karena mereka memenangkan Nations League Grup C4, Georgia lolos ke jalur C play-off Euro 2024 dan mengalahkan Luksemburg dan Yunani (yang terakhir melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0) untuk memastikan kualifikasi bersejarah meskipun menempati posisi keempat dari lima tim di kualifikasi Grup A.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Grup E Euro 2024: Rumania di Puncak usai Kalahkan Ukraina, Belgia Tersungkur dari Slovakia

BACA JUGA:Preview Pertandingan Euro 2024 Prediksi Austria vs Prancis, Kena Virus Akankah Mbappe Tampil di Laga Pembuka?

Didukung oleh para penggemar yang sangat fanatik dan memiliki beberapa pemain yang sangat berbakat seperti Khvicha Kvaratskhelia, Giorgi Chakvetadze dan Georges Mikautadze, Georgia akan menunjukan bahwa kedatangan mereka di Jerman hanya untuk mencari angka, ada banyak contoh tim pendatang baru yang membuat kejutan.

Sejak 2012, tiga dari delapan negara debutan Kejuaraan Eropa telah memenangkan pertandingan pertama mereka di turnamen ini, dengan Ukraina mengalahkan Swedia pada tahun 2012, Wales mengalahkan Slovakia empat tahun kemudian, dan Finlandia mengejutkan Denmark di Euro 2020 yang tertunda.

Turki harus mewaspadai hal ini.

Meskipun mereka tidak harus melalui babak play-off yang sulit, perjalanan kualifikasi Turki juga tidak mudah. Serangkaian hasil yang tidak meyakinkan membuat pelatih Stefan Kuntz dipecat dan digantikan oleh Vincenzo Montella, yang dengan cepat memimpin kemenangan besar atas Kroasia sebelum mengalahkan Latvia. Hasil imbang yang sulit dengan Wales kemudian membuat Turki mengamankan tiket mereka ke Euro 2024.

Kategori :