26 Tahun Rumah Zakat, Bahagiakan 18,2 Juta Penerima Manfaat

Selasa 02-07-2024,12:56 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

Dalam bidang pendidikan, berdasarkan perhitungan rasio SROI pada Program Rumah Vokasi, terdapat nilai 1 : 3,69. 

Maka diketahui bahwa untuk setiap 1 Rupiah yang diinvestasikan pada program pelatihan pangkas rambut di Rumah Vokasi, akan menghasilkan imbal balik sosial atas investasi sebesar 3,69 Rupiah.

Artinya program pemberdayaan yang dilakukan oleh Rumah Zakat pada bidang pendidikan dengan menghadirkan Rumah Vokasi, dapat memberikan nilai manfaat atau dampak sosial yang besar terhadap masyarakat sekitar khususnya penerima manfaat.

BACA JUGA:Potensi Hujan Deras Disertai Petir Mengguyur Wilayah Sumsel Sejak Siang Hari Ini, Cek Wilayahnya

BACA JUGA:Masuk ke Gaza, Divisi Tank Israel Jadi Mangsa 20 Roket Jihad Islam

Sementara itu di bidang kesehatan, berdasarkan analisis data untuk melakukan uji beda dengan menggunakan uji Mann Whitney U, ditemukan hasil perbandingan bahwa kualitas hidup lansia penerima manfaat lebih tinggi sebesar 92,42 dan lansia bukan penerima manfaat yaitu sebesar 68,58, dengan nilai p-value 0,001 < 0,05. 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa para lansia yang diintervensi terjadi perubahan tingkat kualitas hidupnya jauh lebih baik dibandingkan dengan lansia yang tidak di intervensi. 

Sehingga pemerataan intervensi sangat penting bagi para lansia, karena terbukti lansia yang di intervensi dapat meningkat kualitas hidupnya. 

Di bidang ekonomi, upaya pemberdayaan yang dilakukan Rumah Zakat terhadap masyarakat dengan menghadirkan program microfinance syariah atau koperasi syariah, menurut hasil penelitian menunjukan menghasilkan nilai indeks keberdayaan anggota microfinance syariah dengan nilai 0.66 kategori baik, dari sebelum menjadi anggota nilai 0.59 kategori rata-rata. 

BACA JUGA:Harga Bahan Pokok Stabil di Bulan Juni, Angka Inflasi di Palembang Turun Hingga Deflasi 0,07 Persen

BACA JUGA:12 Alasan Gen Z Lebih Senang Menggunakan smartphone Samsung, Paling Banyak Karena Teknologi

Dengan kata lain, keberadaan Microfinance Syariah berdampak positif terhadap keberdayaan masyarakat, khusunya bagi para anggota.

Sedangkan dalam bidang kemanusiaan dan lingkungan, masyarakat mengalami perubahan terhadap perilaku dan partisipasi dalam mengelola sampah. 

Demikian hasil penelitian pada program Bank Sampa binaan Rumah Zakat.

Ini dibuktikan naiknya nilai indeks dari kedua variabel tersebut, pada variabel perilaku nilai indeks sebesar 0.74 dari sebelumnya 0.33.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Mandiri Taspen Terbuka Semua Jurusan, Begini Cara Lamarnya

Kategori :