Lukisan Gua Tertua Itu Ada di Indonesia Usia 512 Abad Letaknya Ternyata Ada di Wilayah Ini

Selasa 16-07-2024,14:01 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Siapa sangka? Ternyata lukisan gua tertua itu ada di Indonesia, usianya mencapai 512 Abad atau 51.200 tahun, keberadaan lukisan tersebut dapat kita temukan di wilayah Sulawesi.

Para Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, bersama Griffith University dan Southern Cross University baru-baru ini berhasil menemukan sebuah lukisan gua tertua di dunia di wilayah Sulawesi, Indonesia. 

Usia lukisan itu diperkirakan mencapai 51.200 tahun.

Tulisan tangan cadas ini terdiri dari gambarkan tiga figur yang menyerupai manusia dan mengilustrasikan sedang berinteraksi dengan seekor babi hutan. 

BACA JUGA:4 Momen Spesial yang Paling Ditunggu Pada Saat HUT Kemerdekaan RI

BACA JUGA:Berikut 7 Museum Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Resmi Dibuka Sejak Tahun 1793 loh

Temuan Lukisan tersebut terletak di gua kapur Leang Karampuang, Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan.

Adhi Agus Oktaviana, Ketua penelitian yang juga ahli seni cadas Indonesia dari BRIN, mengatakan bahwa penemuan lukisan Leang Karampaung, memiliki pengaruh penting terhadap pemahaman mengenai asal-usul seni paling awal.

Lantas bagaimana menentukan umur lukisan gua tersebut, sehingga bisa diketahui angka usianya? Tim penelitian mengaplikasikan metode analisis mutakhir dengan menggunakan ablasi laser U-series (LA-U-series). 

Metode ini bisa memperoleh pertanggalan akurat dari lapisan tipis kalsium karbonat yang terbentuk di atas seni hias tersebut.

BACA JUGA:Sebaiknya Anda Tahu! Ini 4 Fakta Menarik Seputar Museum Taman Prasasti

BACA JUGA:Selayang Padang Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya Lubuklinggau

Hasil dari metode dan analisis tersebut menunjukkan bahwa di bawah lapisan seni hias tersebut memiliki pertanggalan paling awal sekitar 51.200 tahun yang lalu. 

Dengan demikian, hal ini menjadikannya sebagai gambar hias gua tertua di dunia. 

Lebih dari itu, iini bahkan sekaligus merupakan narasi seni paling awal yang pernah ditemukan peneliti dan di analisa hingga saat ini.

Kategori :