Sering Halusinasi Bisa Saja Kamu Kena Penyakit Skizofrenia, Bagaimana Mengatasinya?

Jumat 19-07-2024,11:26 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

Penggunaan ganja dalam jumlah besar dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ini.

Layanan

Saat ini, sebagian besar orang dengan skizofrenia di seluruh dunia tidak menerima perawatan kesehatan mental. Sekitar 50% orang yang dirawat di rumah sakit jiwa memiliki diagnosis skizofrenia.

Hanya 31,3% orang dengan psikosis yang menerima perawatan kesehatan jiwa spesialis.

Sebagian besar sumber daya untuk layanan kesehatan jiwa dihabiskan secara tidak efisien untuk perawatan di rumah sakit jiwa.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru Bapenda Program Sensus Pajak Daerah Tahun 2024 Lulusan S1, Begini Cara Lamarnya!

BACA JUGA:Kinerja Bank Sumsel Babel Triwulan 2 Tahun 2024 Tumbuh Positif, Realisasi Aset Rp37,8 T

Terdapat bukti yang jelas bahwa rumah sakit jiwa tidak efektif dalam menyediakan perawatan yang dibutuhkan oleh orang dengan gangguan kesehatan jiwa dan, seringkali, melanggar hak asasi orang dengan skizofrenia.

Upaya pengalihan perawatan dari institusi kesehatan jiwa ke masyarakat perlu diperluas dan dipercepat.

Upaya ini dimulai dengan pengembangan berbagai layanan kesehatan jiwa berbasis komunitas yang berkualitas.

Pilihan untuk perawatan kesehatan jiwa berbasis komunitas termasuk integrasi dalam perawatan kesehatan primer dan rumah sakit umum, pusat kesehatan jiwa komunitas, pusat-pusat kegiatan harian, perumahan yang didukung, dan layanan penjangkauan untuk dukungan berbasis rumah.

Keterlibatan orang dengan skizofrenia, anggota keluarga dan komunitas yang lebih luas dalam memberikan dukungan adalah penting.

Manajemen dan dukungan

Ada berbagai pilihan perawatan yang efektif untuk orang dengan skizofrenia, dan ini termasuk pengobatan, psikoedukasi, intervensi keluarga, terapi perilaku kognitif, dan rehabilitasi psikososial (misalnya pelatihan keterampilan hidup).

Fasilitasi hidup dengan bantuan, perumahan yang didukung, dan pekerjaan yang didukung adalah pilihan perawatan penting yang harus tersedia untuk orang dengan skizofrenia. 

Pendekatan yang berorientasi pada pemulihan memberikan hak kepada orang untuk mengambil keputusan dalam perawatan sangat penting bagi orang dengan skizofrenia dan juga bagi keluarga dan/atau pengasuhnya.

Kategori :