Inilah 4 Koleksi Benda Bernilai Sejarah di Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya

Jumat 19-07-2024,16:11 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Sulis Utomo

Mobil Jepp Wilys STD-156 merupakan kendaraan jenis perang yang diperoleh dr AK Gani dari Komandan Sub Teritorium Lampung (Brigade Garuda Hitam) yakni, Letkol Syama'un Gaharu, setelah pulang dari konfrensi Havana tahun 1947-1948.

Mobil Jepp Wilys STD- 156 diberi nama Tarzan dan satu lagi bernama Jungle Jane (sekarang berada di Museum dr AK Gani Palembang), ketika agresi militer Belanda ke II, dimana dr AK Gani sedang berada di Lampung dan menggunakan Jepp Wilys STD-156 untuk perjalanan menuju Curup, Muara Aman dan Lebong Tandai.  

Setelah kota-kota besar di Sumatera Selatan dikuasi Belanda akibat memathui garis Van Mook, maka perjalanan terpaksa melintasi hutan, dengan rute melewati Bukit Barisan dan menyeberangi sungai untuk menghimpun kekuatan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan di Sumatera Selatan.

Mobil Jeep Wilys STD- 156 juga pernah digunakan oleh Kapten AR Saroingsong sebagai Komandan ALRI SUBKOOS yang berkedudukan di Mandi Aur, Musi Rawas.

BACA JUGA:Bernilai Rp22,16 Triliun, Inilah Jalan Tol Terpanjang di Palembang, Melintasi Sungai Musi

Demikian 4 benda koleksi bernilai sejarah yang ada di Museum Perjuangan Subkoss Garuda Sriwijaya di Kota Lubuklinggau, pada kesempatan lainnya kita akan menginformasikan koleksi benda-benda bernilai sejarah dan budaya lainnya, semoga bermanfaat, terimakasih. 

Kategori :