Kemenag Sumsel Gelar Tasyakuran, Wujud Syukur Suksesnya Penyelenggaraan Haji 2024

Selasa 23-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Tasyakuran Kesuksesan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445H/2024 di Aula Kanwil Kemenag Sumsel, Selasa 23 Juli 2024. 

Kekompakan stake holder terkait serta inovasi tiada henti menjadi kunci sukses penyelenggaraan haji tahun ini.

Hadir pada Tasyakuran tersebut Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan, Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Trisnawarman, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola asrama haji Sumsel Rebo Iskandar Pohan.

Juga hadir Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang Saefudin, para Kepala Bidang Kanwil Kemenag Sumsel, Kakankemenag Kabupaten/Kota, serta perwakilan dari Biro Kesra Pemprov Sumsel, TNI dan Polri, Balai Kekarantinaan Kesehatan, Imigrasi Kota Palembang, Angkasa Pura II, Forum KBIHU, petugas kloter dan non kloter, serta sejumlah jemaah haji.

BACA JUGA:Kloter KJT-30 Tutup Fase Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024, Diberangkatkan dari Madinah

BACA JUGA:Inovasi Haji 2024, KKHI Aktifkan 158 Pos Satelit di 11 Sektor, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Jemaah

Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada stakeholder terkait atas kerjasama dan kekompakan sehingga penyelenggaraan haji berjalan dengan sukses dan lancar. 

Dia memberikan apresiasi kepada semua petugas haji  kloter, non kloter, petugas kesehatan, juga petugas di Embarkasi dan Debarkasi Palembang yang telah melayani jemaah haji  secara maksimal.

“Saya memberikan apresiasi, baik  kepada Kepala Bidang PHU, tim kesehatan hampir semua mengatakan bahwa petugas kesehatan, PPIH Embarkasi dan Debarkasi Palembang semua dinilai jempol, bahkan jempol dua, artinya pelayanan maksimal, semua petugas bekerja maksimal, dan semuanya menilai positif. Semua yang bertugas luar biasa telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sangat baik,  semoga semua yang didedikasikan buat jemaah ini diberi ganjaran oleh Allah SWT,” ujar Syafitri. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Armet Dachil pada kesempatan tersebut melaporkan bahwa proses penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sudah melampau ekspektasi yang diharapkan jemaah haji.

BACA JUGA:Total Jemaah Haji yang Telah Kembali ke Tanah Air Bertambah jadi 182.160 Orang

BACA JUGA:Operasional Penyelenggaraan Haji Berakhir, PPIH Dipulangkan Secara Bertahap

Armet juga melaporkan terkait inovasi haji tahun ini khususnya skema murur berjalan bagus dan sangat luar biasa. Pun pelayanan di Mina.

Meski kondisi padat karena tahun ini jemaah haji Indonesia sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji, adalah yang terbanyak, tetapi berjalan dengan sangat baik. 

”Kita patut besyukur semua berjalan bagus,  apa kejadian dan yang menjadi  kehawatiran serta  permasalahan yang terjadi pada tahun lalu tidak terjadi pada tahun ini. Kekhawatiran layanan katering juga tidak terjadi, di maktab makanan luar biasa, bukan saya yang mengatakan, ini pendapat dari KBIH dan jemaah haji sendiri. Makanan berlimpah, buah-buahan, dan lainnya tercukupi bahkan berlebih,” terang Armet. 

Kategori :