Maksimalkan Peran KIM untuk Jadi Fasilitator Bagi Masyarakat Sebagai Mitra Pemkab Muba

Selasa 30-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Sambungnya, KIM juga memiliki peran untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat serta mampu memberdayakan Kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

Serta sebagai sarana peningkatan literasi di bidang informasi, media massa dan teknologi komunikasi, serta sebagai lembaga yang memiliki nilai tambah ekonomi. 

"Untuk itu, melalui kesempatan sosialisasi ini, kami atas nama Pemkab Muba berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh.

Serta dapat melakukan tugas, peran dan fungsi dari komunitas ini disetiap perangkat daerah/organisasi dengan semaksimal mungkin dalam pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Sowan ke Pj Bupati Sandi Fahlepi, Ini yang Disampaikan Pengurus PCNU Muba

Serta kepada seluruh perangkat daerah, kepala bagian, camat dan organisasi diharapkan memahami arti dari Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) ini, sehingga dapat maksimal dalam menjalankan tugas,"ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP di wakili oleh Sekretaris Daud Amri SH menyampaikan, maksud dan tujuan dengan adanya sosialisasi KIM ini, untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.

Memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota sehingga dapat memilih informasi yang di butuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat.

Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antar kelompok/masyarakat maupun dengan pihak pemerintah sehingga tercipta kerjasama dan kebersamaan.

BACA JUGA:Dihadapan Tim Itjen Kemendagri, Pj Bupati Muba Sampaikan Kinerja Triwulan I

"Kedepanya kita berharap melalui sosialisasi KIM di lingkungan Kabupaten Muba tahun 2024 ini, seluruh Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat, PKK, DWP dan rekan-rekan semua dapat berkomunikasi dalam pengelolaan informasi publik yang baik dan benar,"tuturnya. 

"Adapun peserta yang hadir untuk mengikuti sosialisasi sebanyak 80 orang. 

Dengan menghadirkan tiga narasumber diantaranya, Ketua KIM Provinsi Sumatera Selatan Prof Isnawijayani MSi Phd. 

Sekretaris Forum KIM Sumsel Hendra A Setyawan SKom M.IKom.

Penggiat KIM Cerdas Informasi Yulis Tyagita Utami S.IKOM M.IKom,"pungkasnya.

Kategori :