Gangguan Usus Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental, Prodia Edukasi Masyarakat untuk Peduli Kesehatan Pencernaan

Minggu 11-08-2024,18:02 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) kembali menggelar seminar nasional sebagai komitmen untuk mengedukasi dan meningkatkan awareness masyarakat Indonesia mengenai kesehatan.

Mengusung tema “Gut Health, Mind Health: Nurturing Your Gut for Healthier and Happier Mind”, seminar nasional ini berlangsung di The Zuri Hotel Palembang, Ahad 11 Agustus 2024 dengan dihadiri oleh 195 peserta umum.

Acara ini turut dihadiri oleh Dwi Yuniati Daulay selaku AVP Marketing and Acount Prodia Greater Jakarta Region.

Dalam sambutannya, Dwi Daulay mengungkapkan Kota Palembang sebagai Kota ke-8 rangkaian seminar nasional Prodia yang akan diadakan di 11 kota besar sepanjang tahun 2024 dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat untuk menyadari keterkaitan kesehatan pencernaan dengan kesehatan mental sebagai upaya mencapai optimal wellness.

BACA JUGA:Makin Eksis! Prodia Gelar Seminar Nasional di 50 Kota dalam Rangka Sambut Usia Emas

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Imlek 2023, Prodia Tawarkan Paket Pemeriksaan Spesial Imlek

Acara ini menghadirkan diskusi bersama dr. Irsan Hasan, Sp.PD-KGEH, FINASIM, dr. Meidian Sari, Sp KJ dan Bernard Adi Duanta Tarigan S.Si sebagai narasumber.

Diskusi ini membahas mengenai pentingnya kesadaran setiap individu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan organ pendukung lainnya agar tidak berdampak pada masalah fisik dan mental.

Dalam pemaparannya, dr. Irsan Hasan, Sp.PD-KGEH, FINASIM menyampaikan sistem pencernaan sangat esensial dalam kerja tubuh manusia yang terlibat untuk pemecahan makanan menjadi zat-zat yang dapat diserap tubuh.

Oleh karenanya, proses ini melibatkan organ-organ yang bekerja sama untuk mencerna makanan, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

BACA JUGA:Sambut Hari Kesehatan Mental Sedunia: Rutan kelas I Palembang Gelar Kegiatan Pembinaan FMD

BACA JUGA:7 Manfaat Tersembunyi Dibalik Memelihara Ikan Hias, Bukan Hanya Keindahan Tapi Kesehatan Mental

"Namun, jika tidak dijaga kesehatannya, terdapat berbagai gangguan yang dapat terjadi pada sistem pencernaan. Untuk itu, penting untuk mengidentifikasi dan mengelola gangguan pencernaan dengan segera,"ungkap dr Irsan.

Ditambahkan beberapa masalah pada sistem pencernaan dapat terjadi mulai dari gangguan ringan hingga tingkat serius.

Misalnya, dispepsia, gastroenteritis, sindrom iritasi usus besar, sindrom usus besar tak sehat, GERD, kanker, dan sebagainya.

Kategori :